Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lakukan "Financial Check Up" dan Manfaatnya untuk Kondisi Keuangan

Kompas.com - 21/12/2023, 21:24 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perencana keuangan dari OneShildt Financial Planning Agustina Fitria mengatakan, sangat penting untuk melakukan financial check up pada kondisi keuangan. Hal ini untuk memitigasi potensi-potensi yang menghambat pencapaian kebebasan finansial.

“Kenapa perlu melakukan financial check up, pertama agar mampu memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan. Kedua, agar bisa segera menemukan solusi batas masalah keuangan yang terjadi,” kata Agustina di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Agustina mengatakan, semua orang yang sudah memiliki penghasilan harus melakukan financial check up. Ini tidak terlepas apakah Anda seorang freelancer, ataupun karyawan biasa.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Gen Z Setelah Terima Gaji

“Terlepas itu, kamu masih lajang ataupun sudah berkeluarga harus tetap melakukan financial check up,” lanjut dia.

Agustina mengungkapkan, melakukan financial check up dapat dilakukan minimal satu kali dalam setahun.

Dia mengatakan, momen akhir tahun bisa dijadikan waktu yang tepat untuk melakukan refleksi mengenai keuangan dan kemudian membuat perencanaan keuangan mengenai kebutuhan ke depannya.

“Sebelum akhir tahun juga bisa dilakukan, ini bisa dijadikan bahan diskusi untuk melakukan financial check up,” jelas dia.

Baca juga: 7 Tips Mengatur Keuangan untuk Fresh Graduate

Dia mengungkapkan, saat terjadi perubahan besar dalam hal keuangan, seperti status penikahan, penambahan anggota keluarga, atau perbuhan apapun itu yang berkaitan dengan financial, tentu seseorang perlu melakukan financial check up.

“Saya punya klien mau menikah, mereka memperbaiki keuangan mereka. Apalagi saat punya anak, butuh dana pendidikan, apakah kita pnya asuransi yang cukup juga,” tutur Agustina. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com