Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standard Chartered Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen pada 2024

Kompas.com - 01/02/2024, 17:16 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Laporan Standard Chartered Global Focus – Economic Outlook 2024 memproyeksikan, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) alias pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,2 persen pada 2024.

Angka tersebut tumbuh dari perkiraan tahun lalu senilai 5,1 persen. Hal itu diungkapkan dengan melihat lintasan perekonomian Indonesia tahun ini.

Vice Chairman ASEAN & President Commissioner Indonesia Standard Chartered Rino Donosepoetro mengungkapkan, laporan yang sama menunjukkan konsumsi swasta yang lebih tinggi serta pertumbhan investasi yang kuat, dapat mengimbangi permintaan eksternal yang lemah pada 2024.

Baca juga: Intip Prospek Pertumbuhan Ekonomi RI Pasca-Pemilu 2024

"Belanja terkait pemilu dan consumer spending terkait (belanja masyarakat) berbagai hari besar diperkirakan akan turut memberikan dampak positif secara sementara bagi perekonomian sepajang semester I-2024, sebelum adanya normalisasi pada semester kedua," kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (1/2/2024).

Sementara itu, Senior Economist Standard Chartered Bank Indonesia Aldian Taloputra menyebut, Standard Chartered mempertahankan perkiraan inflasi rata-rata Indonesia selama 2024 sebesar 2,9 persen secara tahunan (year on year).

Angka ini lebih tinggi dari perkiraan inflasi Oktober 2023 sebesar 2,6 persen.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi 4,9-5 Persen pada 2024

Standard Chartered juga memprediksi kondisi sticky inflation pada semester I-2024 yang akan menjaga inflasi umum tetap tinggi, mendekati batas atas kisaran target Bank Indonesia (BI) sebesar 1,5 sampai 3,5 persen.

"Sebelum turun menjelang akhir 2024," ujar dia.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com