Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adanya Inflasi akan Mengakibatkan Terjadinya Apa?

Kompas.com - 21/03/2024, 18:38 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Adanya inflasi akan mengakibatkan terjadinya bertambahnya biaya produksi. Kemudian dampak inflasi terhadap perekonomian lainnya yakni bisa menggerus daya beli masyarakat.

Mengutip laman Bank Indonesia, inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya. Kebalikan dari inflasi disebut deflasi.

Perhitungan inflasi dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia. BPS melakukan survei untuk mengumpulkan data harga dari berbagai macam barang dan jasa yang dianggap mewakili belanja konsumsi masyarakat.

Data tersebut kemudian digunakan untuk menghitung tingkat inflasi dengan membandingkan harga-harga saat ini dengan periode sebelumnya. Inflasi terjadi jika jumlah uang yang beredar di masyarakat tinggi.

Baca juga: Pengaruh Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Lengkap

Menurut Bank Indonesia, inflasi yang tidak stabil akan menciptakan ketidakpastian (uncertainty) bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan.

Pengalaman empiris menunjukkan bahwa inflasi yang tidak stabil akan menyulitkan keputusan masyarakat dalam melakukan konsumsi, investasi, dan produksi, yang pada akhirnya akan menurunkan pertumbuhan ekonomi.

Kemudian tingkat inflasi domestik yang lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat inflasi di negara tetangga menjadikan tingkat bunga domestik riil menjadi tidak kompetitif sehingga dapat memberikan tekanan pada nilai rupiah.

Dampak inflasi terhadap perekonomian

Dampak inflasi terhadap perekonomian bisa bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat inflasi itu sendiri, stabilitas ekonomi, dan respons dari pemerintah dan bank sentral.

Baca juga: Inflasi Ringan Berkisar antara Berapa Persen?

Berikut adalah beberapa dampak inflasi terhadap perekonomian:

1. Pengurangan daya beli

Adanya inflasi akan mengakibatkan terjadinya harga-harga naik, yang pada gilirannya mengurangi daya beli uang. Orang akan membeli lebih sedikit barang dan jasa dengan jumlah uang yang sama, karena harga-harga lebih tinggi.

2. Ketidakpastian

Inflasi yang tinggi dan tidak stabil dapat menyebabkan ketidakpastian dalam ekonomi. Ini membuat konsumen dan produsen sulit untuk merencanakan investasi jangka panjang dan pengeluaran, karena tidak bisa memprediksi nilai uang di masa depan.

3. Pemerasan pendapatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com