Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Kartu Kredit yang Sebaiknya Dimiliki?

Kompas.com - 25/03/2024, 07:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu kredit memiliki banyak manfaat. Selain fleksibilitas dalam pembayaran, kartu kredit juga menawarkan berbagai manfaat atau reward dan membantu membangun skor kredit.

Tidak sedikit orang memiliki lebih dari satu kartu kredit untuk membantu memudahkan pembayaran. Ini termasuk dalam keadaan darurat atau genting.

“(Memiliki) beberapa kartu kredit dapat menawarkan fleksibilitas dalam berbagai opsi pembelanjaan, reward, dan peluang untuk membangun skor kredit,” kata Shonnita Leslie, pembuat konten keuangan pribadi, dikutip dari Apartment Therapy, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Perbedaan Paylater, Pinjol, dan Kartu Kredit

Ilustrasi kartu kredit.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi kartu kredit.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memiliki beberapa kartu kredit. Ini termasuk keuntungan dan kerugiannya.

Manfaat memiliki beberapa kartu kredit

Hal pertama yang harus dipahami dengan memiliki beberapa kartu kredit adalah bahwa hal itu dapat membantu tingkat pemanfaatan kredit Anda. Ini adalah persentase utang dibandingkan dengan kredit yang tersedia dan idealnya tetap di bawah 30 persen.

Pakar penganggaran Andrea Woroch menjelaskan, jika Anda memiliki beberapa kartu kredit namun saldo Anda tetap rendah, hal ini akan membantu skor kredit karena penggunaan kredit yang rendah.

Anda dapat memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan reward dalam berbagai kategori.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Memiliki beberapa kartu kredit juga dapat membantu Anda tetap teratur dalam hal pengelolaan keuangan, terutama jika Anda menggunakan satu kartu untuk kategori seperti pengeluaran untuk bisnis, pengeluaran untuk anak, perjalanan, rumah, dan pribadi.

Kekurangan memiliki beberapa kartu kredit

Anda tahu pepatah, lebih banyak uang, lebih banyak masalah? Hal yang sama juga berlaku untuk memiliki beberapa kartu kredit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com