Lion Air Belum Terima Informasi Penyebab Pilotnya Meninggal

Kompas.com - 23/03/2020, 21:01 WIB
Pesawat Lion Air AirbusPesawat Lion Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Lion Air mengakui ada pilot maskapainya yang meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Tangerang pada Minggu (22/3/2020).

Namun, manajemen Lion Air belum bisa memastikan apakah pilot tersebut meninggal karena virus corona atau bukan.

“Sampai dengan saat ini, Lion Air belum menerima informasi yang pasti penyebab atas meninggalnya almarhum,” ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Kemenhub Benarkan Ada Pilot Meninggal karena Diduga Positif Corona

Danang menjelaskan, berdasarkan hasil rekam medis terakhir pada 4 Maret 2020, pilot tersebut dinyatakan sehat dan laik terbang.

Lion Air Group menyatakan dalam memperkerjakan karyawan dan awak pesawat sudah menjalankan semua protokol kesehatan dan melaksanakan sesuai aturan regulator. Salah satunya secara konsisten melakukan pengecekan kesehatan sebelum awak pesawat terbang.

Menurut ketentuan yang ditetapkan, regulator pemeriksaan kesehatan sebelum penerbangan sangat penting agar keselamatan dan keamanan penumpang selama dalam penerbangan terjamin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Terkait dengan wabah yang berlangsung saat ini, Lion Air Group beserta seluruh karyawan turut serta berperan aktif dalam tindakan preventif guna mencegah penyebaran covid-19, antara lain penyemperotan (disinfektan) pesawat yang dioperasikan dan lingkungan kerja, pengecekan suhu tubuh setiap karyawan yang bekerja dan berbagai kampanye keselamatan,” kata Danang.

Baca juga: BKN: 343 Instansi Pusat dan Daerah Sudah Umumkan Hasil SKD CPNS

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto membenarkan soal kabar adanya pilot dari maskapai yang beroperasi di Indonesia meninggal karena positif Covid-19 atau virus corona.

Namun, Novie tak bersedia merinci identitas dan dari maskapai penerbangan mana pilot tersebut berasal.

“Benar bahwa ada pilot yang meninggal karena hal tersebut (corona),” ujar Novie kepada Kompas.com, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Sri Mulyani: Pemerintah Tak Bisa Berjuang Sendiri Melawan Wabah Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.