Ada Virus Corona, Seberapa Banyak Dana Darurat yang Harus Dimiliki?

Kompas.com - 31/03/2020, 11:35 WIB
Ilustrasi komitmen menabung SHUTTERSTOCK/WILLIAM POTTERIlustrasi komitmen menabung

NEW YORK, KOMPAS.com - Dalam menghadapi risiko, termasuk virus corona yang penyebarannya pesat seperti saat ini, penting bagi Anda untuk memiliki dana darurat.

Dana ini dapat Anda gunakan ketika ada situasi di luar prediksi, misalnya penyakit, kehilangan pekerjaan, kerusakan rumah atau kendaraan, dan risiko lainnya.

Dilansir dari CNBC, Selasa (31/3/2020), para perencana keuangan biasanya menganjurkan Anda menyisihkan uang setara biaya hidup tiga sampai enam bulan untuk disimpan sebagai dana darurat.

Baca juga: Ada Virus Corona, Saatnya Prioritaskan Dana Darurat

Namun demikian, di tengah ancaman virus corona seperti saat ini, apakah besaran tersebut cukup?

Stabilkah pekerjaan Anda?

Menurut perencana keuangan bersertifikat Carrie Schwab-Pomerantz, jika usia Anda masih jauh dari usia pensiun dan memiliki pekerjaan yang stabil, maka Anda bisa menyisihkan uang setara biaya hidup tiga sampai enam bulan sebagai dana darurat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan begitu, Anda akan memiliki bantalan yang cukup kalau Anda membutuhkannya, namun Anda tidak akan memiliki banyak uang jika Anda kehilangan kesempatan untuk tumbuh," jelas Schwab-Pomerantz.

Dana darurat haruslah mudah diakses kapanpun, oleh karenanya sebaiknya disimpan di rekening tabungan.

Dengan begitu, akan ada keseimbangan yang bagus antara memiliki cukup uang untuk menanggung biaya hidup jika ada situasi di luar prediksi, namun tidak mengorbankan potensi pertumbuhan yang Anda peroleh dari menginvestasikan uang Anda.

Baca juga: Ketidakpastian Meningkat, Saatnya Tambah Porsi Dana Darurat

Akan tetapi, imbuh Schwab-Pomerantz, jika penghasilan Anda berfluktuasi dan bergantung pada komisi, uang lembur, atau faktor-faktor eksternal lainnya, maka idealnya Anda harus menabung setidaknya setara biaya hidup enam bulan atau lebih sebagai dana darurat.

Adapun perencana keuangan bersertifikat Kelly Crane menuturkan, apapun pekerjaan Anda, memiliki dana darurat setara biaya hidup minimal tiga bulan sangat penting untuk saat-saat seperti ini.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.