Via Online, BTN Sudah Restrukturisasi Kredit 17.000 Debitur

Kompas.com - 12/04/2020, 18:27 WIB
Karyawan dari BTN menunjukkan kemudahan mencari properti di situs rumah murah BTN, kepada pengunjung  Indonesia Properti Expo, di Jakarta Convention Center, Sabtu (15/2/2020). Tahun ini ada sekitar 650 proyek properti dengan rentang harga dari Rp 140 juta hingga Rp 3 miliar, yang ditawarkan di pameran tersebut. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESKaryawan dari BTN menunjukkan kemudahan mencari properti di situs rumah murah BTN, kepada pengunjung Indonesia Properti Expo, di Jakarta Convention Center, Sabtu (15/2/2020). Tahun ini ada sekitar 650 proyek properti dengan rentang harga dari Rp 140 juta hingga Rp 3 miliar, yang ditawarkan di pameran tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menyatakan, telah menerima permohonan restrukturisasi kredit dari debitur terdampak Covid-19. Perseroan mencatat ada lebih dari 17.000 debitur yang sudah direstrukturisasi pinjamannya hingga saat ini.

Sesuai arahan pemerintah dan POJK yang mengatur tentang relaksasi kredit terkait Covid-19, BTN saat ini tengah melakukan proses klasifikasi atas permohonan dari debitur kredit yang mengajukan secara online.

"Sudah ada 17.000 lebih debitur yang pinjamannya sudah dilakukan restrukturisasi. Yang mengajukan permohonan restrukturisasi angkanya puluhan ribu," ujar Direktur Finance, Planning, & Treasury BTN Nixon L P Napitupulu dalam video conference, Sabtu (11/4/2020).

Baca juga: Pegadaian Terima Restrukturisasi Kredit, Nasabah Diminta Ajukan Permohonan

Hingga kini lanjut Nixon, pihaknya mencatatkan memiliki hampir 2 juta debitur dengan baki debet lebih dari Rp 250 triliun. Adapun, belasan ribu permohonan restrukturisasi ke perseroan tersebut mencatatkan total baki debet sekitar Rp 2,7 triliun.

“Jumlah tersebut mencakup debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi dan keseluruhannya di bawah Rp10 miliar sesuai ketentuan OJK," ujar dia.

Nixon menjelaskan, permohonan restrukturisasi tersebut diajukan oleh debitur melalui restrukturisasi online yang disiapkan perseroan.

Melalui sistem online tersebut, debitur BTN yang mengajukan permohonan retrukturisasi tidak harus datang ke kantor cabang tempat mereka mengajukan kredit. BTN telah menyiapkan layanan online untuk mengakomodir permohonan tersebut melalui www.rumahmurahbtn.co.id.

Baca juga: Terdampak Covid-19, Pemerintah Bebaskan Bunga dan Tunda Pembayaran Pokok Kredit Usaha Rakyat



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X