Berapa Besar Sumbangan Para Miliarder AS untuk Penanganan Covid-19?

Kompas.com - 08/06/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi miliarder. SHUTTERSTOCKIlustrasi miliarder.

NEW YORK, KOMPAS.com - Survei terbaru dari Washington Post menemukan, 50 orang terkaya di Amerika telah menyumbang sekitar 1 miliar dollar AS atau sebesar Rp 14 triliun (kurs Rp 14.000).

Namun rupanya, angka itu hanya sebagian kecil dari total kekayaan gabungan mereka. Dari total kekayaan gabungan, sumbangan mereka kurang dari 0,1 persen.

Survei juga menemukan, hampir 1/3 dari para miliarder ini belum mengumumkan memberi donasi. Beberapa berkontribusi melalui perusahaan yang mereka miliki, bukan berkontribusi secara pribadi.

“Bahkan banyak miliarder yang menyumbang jumlah yang relatif remeh untuk Covid-19, bila dibandingkan dengan nilai tengah rata-rata rumah tangga Amerika, yang mencapai 97.300 dollar AS," kata para pensurvei, Roxanne Roberts dan Will Hobson dikutip dari CNBC, Senin (8/6/2020).

Roberts dan Hobson menggunakan nilai tengah ini untuk menghitung donasi yang disumbangkan oleh para miliarder.

Jeff Bezos misalnya, orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai 143 miliar dollar AS atau Rp 2.000 triliun telah menyumbang sekitar 125 juta dollar AS (Rp 1,7 triliun).

Miliarder penyumbang terbesar atas nama pribadi ada 2 nama, yakni pendiri Microsoft Bill Gates dan CEO Twitter dan Square Jack Dorsey.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gates, yang menjadi salah satu tokoh publik paling vokal sejak awal pandemi Covid-19 mengular, telah menyumbang sekitar 300 juta dollar AS melalui Yayasan Bill dan Melinda Gates.

Dorsey, yang bukan salah satu dari 50 orang terkaya di AS pun menyumbang 1 miliar dollar AS berbentuk saham Square. Dorsey, hanya berada di peringkat ke 147 dari daftar miliarder. terkaya. Satu miliar dollar AS yang disumbangkan mewakili 28 persen dari total kekayaan bersihnya.

Sementara itu di antara 50 orang terkaya di AS, Manajer Lindung Nilai, Ray Dalio menjadi yang paling dermawan. Dia menyumbang lebih dari 100 juta dollar AS dari kekayaan bersih 18 miliar dollar AS.

Selama pandemi Covid-19, kekayaan miliarder AS ini naik 434 miliar dollar AS antara pertengahan Maret - Mei.

Harta 5 orang terkaya di AS, antara lain Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Warren Buffett, dan Larry Ellison telah melambung 76 miliar dollar AS dalam kurun waktu tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.