AP I Beberkan Progres Pembangunan Sejumlah Bandara yang Tengah Dibangun

Kompas.com - 10/08/2020, 19:56 WIB
Ilustrasi: Pembangunan terminal penumpang di Bandara Hasanuddin yang dikelola AP I dok AP IIlustrasi: Pembangunan terminal penumpang di Bandara Hasanuddin yang dikelola AP I

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I, tengah fokus menyelesaikan 4 bandara yang dikelola perseroan. Sebagian proyek ditargetkan rampung akhir tahun ini, sementara sisanya pada tahun 2021.

Tercatat saat ini AP I tengah fokus melakukan pengembangan di 4 bandara, yakni, Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Bandara Sam Ratulangi (Manado), dan Bandara Internasional Lombok Praya.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, pengembangan bandara dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan penumpang nasional maupun internasional.

 

Baca juga: Jokowi Pertanyakan RI Punya 30 Bandara Internasional, Ini Respons Kemenhub

Selain itu, langkah pengembangan bandara juga dilakukan untuk menggenjot tingkat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tanah air.

"Pengembangan bandara-bandara Angkasa Pura I dilakukan untuk memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas trafik angkutan udara di wilayah tengah dan timur Indonesia sehingga dapat mendukung arus wisatawan mancanegara ke berbagai wilayah di Indonesia," tutur dia, dalam keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Bandara Juanda

Untuk pengembangan Bandara Juanda, saat ini progres perluasan Terminal I sampai dengan Juni lalu sudah mencapai 92 persen dan ditargetkan rampung pada November 2020.

Proyek perluasan Terminal 1 meliputi pembenahan interior dan fasilitas penunjangnya, rekonstruksi apron B Terminal 2, dan perluasan terminal kargo internasional.

"Perluasan Terminal I menjadi 91.700 meter persegi dari 62.700 meter persegi akan menambah kapasitas Terminal 1 menjadi 13 juta penumpang per tahun dari yang saat ini hanya 7 juta per tahun," kata Fahmi.

Bandara Sultan Hasanuddin

Kemudian, Bandara Sultan Hasanuddin, yang rencananya dikembangkan dengan terminal penumpang akan diperluas menjadi 166.815 meter persegi.

Nantinya terminal bandara ini yang dapat menampung 15 juta penumpang per tahun dari luasan terminal eksisting 51.815 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X