Kemenkeu Ungkap Modus Penipuan Lelang Negara, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 08/01/2021, 18:30 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan mengungkapkan modus penipuan yang mengatasnamakan lelang oleh negara.

Menurut Direktur Lelang DJKN Joko Prihanto ciri-ciri penipuan sangat mudah dikenali. Ciri pertama adalah barang lelang ditawarkan dengan harga yang sangat murah.

"Pertama kalau ada orang telepon atau SM kemudian menawarkan harga dengan harga tidak wajar itu harus dicurigai," jelas Joko dalam media briefing, Jumat (8/1/2020).

Baca juga: Persiapan Menjadi Investor Reksa Dana 2021

Ciri kedua, pihak yang melakukan penipuan akan mengaku sebagai pegawai DJKN Kemenkeu. Orang tersebut akan menjanjikan bisa membantu memenangkan barang lelang yang ditawarkan.

Pihak penipu juga akan menggunakan rekening pribadi mereka sebagai wadah untuk menampung uang jaminan lelang.

"Kalau lelang DJKN atau pejabat lelang kelas II tidak ada ceritanya whatsapp dan telfon untuk meminta uang jaminan memakai rekening pribadi, kalau bener setornya ke rekening kantor, bukan atas nama pribadi," jelas Joko.

Masyarakat pun, menurut Joko, juga bisa mengecek nama-nama pejabat kelas II yang terdapat dalam laman lelang.go.id. Selain itu, barang lelang yang ditawarkan juga bisa dicek di website yang sama.

Baca juga: Pekan Depan, DJP Lelang 52 Apartemen, Harga Mulai Rp 300 Juta

Dia pun mengungkapkan, kerap kali para penipu dengan kedok lelang negara tersebut menggunakan media SMS untuk menipu.

Joko mengatakan hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tergiur dengan tawaran lelang via SMS tersebut.

"Ini ibu-ibu yang biasanya tergiur dengan harga murah, barangnya bagus, itu banyak di Masyarakat. Ada yang komplain ke kita ke KPKNL sudah transfer untuk membeli mobil CRV 125 juta mobil baru, dan ternyata ketipu. Itu harus hati-hati," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X