Ini 3 Masalah yang Kerap Dihadapi Pebisnis Kuliner

Kompas.com - 28/01/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi: Deretan food truck. KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi: Deretan food truck.

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO & Founder Sour Sally Group Donny Pramono mengatakan, bisnis Food & Beverage (F&B) alias makanan dan minuman merupakan bisnis yang tidak pernah mati.

"Seperti yang kita tahu makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok, bisnis F&B ini pun tidak akan pernah mati seiring manusia masih membutuhkan makanan dan minuman," ujarnya dalam ShopeePay Talk bertajuk Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise yang disiarkan secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Dia membeberkan ada 3 masalah yang kerap dihadapi oleh para pebisnis makanan dan minuman.

Baca juga: Mendag: Indonesia Betransformasi dari Penjual Barang Mentah Jadi Barang Industri

Pertama, networking atau jaringan

Dalam hal ini para pebisnis makanan dan minuman membutuhkan jaringan untuk memilih pemasok terbaik.

"Namun tidak semua pebisnis makanan dan minuman yang memiliki networking yang oke. Kenal ini enggak? Kenal itu enggak? Tanyain supplier ini siapa," ucapnya.

Kedua modal

Modal yang dimaksud adalah bagaimana pebisnis makanan dan minuman mengembangkan usahanya atau cabang. "Capital balik-balik UUD atau Ujung-ujungnya Duit," sebut dia.

Ketiga knowledge atau pengetahuan

Menurut dia, para pebisnis makanan harus memiliki pengetahuan-pengetahuan yang baru atau tren yang ada di sekitar.

Misalnya mengenai perubahan perilaku konsumen di tengah pandemi . "Apalagi saat pandemi, orang ingin berubah, bagaimana cara sukses menghadapi problem ini," ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X