Februari 2021, BI Proyeksi Penjualan Eceran Kian Membaik

Kompas.com - 09/03/2021, 12:45 WIB
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comBank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memproyeksi penjualan eceran kian membaik pada 2021, meski masih terkontraksi.

Hal ini sejalan dengan pola musiman pasca-perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Penjualan yang membaik tecermin dari IPR yang diproyeksi pada level -0,7 persen secara bulanan (month to month/mtm) pada Februari 2021.

Baca juga: BI Resmi Keluarkan Aturan Pelonggaran Kredit Kendaraan Bermotor

Kontraksi lebih kecil ketimbang -4,3 persen (mtm) pada bulan sebelumnya.

"Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi serta kelompok Suku Cadang dan Aksesori diprakirakan tumbuh positif sehingga menopang kinerja penjualan eceran," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam siaran pers, Selasa (9/3/2021).

Secara tahunan, kinerja penjualan eceran diproyeksi relatif stabil dengan pertumbuhan IPR sebesar -16,5 persen (yoy) pada Februari 2021, dibandingkan dengan -16,4 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

"Penjualan eceran sejumlah komoditas seperti Sandang, Barang Budaya dan Rekreasi, Suku Cadang dan Aksesori, serta Peralatan Informasi dan Komunikasi juga terindikasi membaik, meski masih kontraksi," tutur Erwin.

Baca juga: Standard Chartered Proyeksi Tren Penurunan Suku Bunga BI Sudah Selesai

Sebelumnya, pada Januari 2021, kinerja penjualan eceran menurun sejalan dengan pola pasca-perayaan Natal dan Tahun Baru, di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan cuaca yang kurang mendukung.

Penurunan terjadi pada seluruh kelompok komoditas.

Penurunan terdalam pada kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya, dan subkelompok Sandang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X