Inovasi Gaya Toyota dan Tesla, Mana Lebih Baik?

Kompas.com - 20/03/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi strategi. PIXABAY.COMIlustrasi strategi.

DALAM kajian manajemen paling mutakhir menyoal inovasi, model Toyota (Toyota Way) dan cara Tesla (Tesla Way) menjadi pembicaraan paling hangat.

Apalagi selama pandemi pada 2020 tersua data, walaupun industri otomotif terjun bebas Toyota masih mampu menjual 9.528 juta mobil, turun 11,3 persen dibanding 2019. Penjualan Toyota ini tertinggi di antara produsen mobil lainnya.

Sementara Tesla penjualannya memang naik dibanding tahun sebelumnya dari 368.500 unit di 2019 menjadi 499.550 unit pada 2020.

Walaupun begitu, tetap saja penjualan Toyota jauh melampaui Tesla baik dari sisi unit maupun duit.

Jumlah yang berbeda jauh dari ranah penjualan ini menjadi berbanding terbalik dilihat dari nilai pasar. Toyota “hanya” memiliki nilai pasar 178 miliar dollar AS. Sementara nilai pasar Tesla 774 miliar dollar AS, atau 4,4 kali lipat nilai pasar Toyota.

Memakai referensi buku yang diajarkan di kampus-kampus bisnis, kejadian ini belum ada sumber referensinya. Semua masih terbatas dalam risalah-risalah pendek untuk menjelaskan kejadian tersebut.

Terlepas dari hal demikian, inilah realitas zaman yang kemungkinan besar akan tetap berlaku selama dan sesudah pandemi.

Sejarah Toyota sendiri sudah panjang. Awal mula, pada September 1933 Toyota merupakan bagian dari usaha pabrik tenun bernama Toyoda.

Sejak 27 Agustus 1937 melepaskan diri dari induknya untuk fokus pada pembuatan mobil. Dunia mengenalnya sebagai Toyota Motor Corporation sampai hari ini.

Dua dekade terakhir Toyota masuk tiga besar produsen mobil terbesar dunia. Pada 2020 menggeser kedudukan VW sebagai pabrik otomotif terbesar dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X