Sandiaga Uno: Covid-19 Memaksa Kita Menyesuaikan Pariwisata Era Baru

Kompas.com - 22/05/2021, 06:35 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat bertemu pelaku UMKM di sektor jasa industri kreatif di Malang, Jawa Timur, Jumat (21/5/2021). Dok. KemenparekrafMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat bertemu pelaku UMKM di sektor jasa industri kreatif di Malang, Jawa Timur, Jumat (21/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan beberapa tips bagi para pelaku UMKM industri jasa pariwisata di Malang agar bisa bangkit dari keterpurukan karena pandemi Covid-19.

Menurut dia, para pelaku UMKM di industri jasa pariwisata harus bisa menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Justru tantangannya bahwa Covid-19 ini memaksakan kita menyesuaikan pariwisata era baru,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: Kunjungi Pengrajin di Yogyakarta, Sandiaga Uno Dorong Pelaku Kreatif Go Digital

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, Kemenparekraf meminta sektor wsiata untuk meningkatkan personalize, customize, look dan personalize di masa pandemi Covid-19 ini.

"Jadi intinya kuantitas sedikit tapi kualitas (pariwisata) meningkat,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandiaga mencontohkan, misalnya di Museum Panji Malang dan sentra kreatif yang berada di sekitarnya untuk terus meningkatkan pelatihan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

Di sisi lain dia juga meminta para pengusaha, khususnya pelaku usaha di bidang teknologi digital untuk terus beradaptasi agar tak kalah dengan adanya pandemi covid-19.

“Kita ingin mereka mampu mengambil peluang agar mereka menjadi pengusaha yang naik kelas di masa depan,” tuturnya.

Baca juga: Soal Dana Hibah Rp 3,7 Triliun, Sandiaga Uno Temui Asosiasi Industri Parekraf

“Yang kedua, makin yakin kami bahwa covid-19 ini memaksa kita untuk hadir dengan kebijakan yang berkeadilan langsung menyentuh apa yang mereka perlukan. Jadi, program ini kita minta dikawal kita akan pastikan programnya tepat sasaran kepada mereka yang betul-betul membutuhkan,” tambahnya.

Adapun program yang dicanangkan mantan calon wakil presiden itu ialah dana hibah pariwisata. Program bantuan ini merupakan dana hibah dari pemerintah yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

“Kami akan meminta masyarakat dan saya akan memastikan bahwa itu akan tepat sasaran berkeadilan untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ungkapnya.

Baca juga: Rencana Pembukaan Kunjungan Wisatawan, Sandiaga Uno Bertemu Dubes Rusia hingga Inggris

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.