Jeff Bezos Lengser dari Amazon 5 Juli, Siapa Penggantinya?

Kompas.com - 27/05/2021, 09:37 WIB
Pendiri Amazon, Jeff Bezos GeekWirePendiri Amazon, Jeff Bezos

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang terkaya di dunia sekaligus pendiri platform e-commerce Amazon, Jeff Bezos, berencana mengundurkan diri mulai 5 Juli 2021 dari Amazon.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Amazon, Bezos mengaku akan turun dari tampuk kepemimpinannya dan menyerahkan posisi yang dipegangnya selama 30 tahun itu kepada Andy Jassy.

Andy Jassy saat ini merupakan CEO Amazon Web Services. Sementara Bezos akan menjadi ketua eksekutif Amazon setelah ini.

Baca juga: Amazon Rekrut Karyawan dan Tawarkan Bonus bagi Pekerja Baru yang Telah Divaksin

Mengutip CNN, Kamis (27/5/2021), Bezos mengumumkan Jassy akan mengambil alih posisinya pada kuartal III tahun 2021. Namun saat itu, dia belum mau mengumumkan tanggal kapan persisnya akan hengkang dari kursi nomor satu di Amazon.

Kemudian Bezos mengungkap tanggal 5 Juli dipilih karena tanggal itu sentimental. Asal tahu saja, Amazon didirikan pada tanggal yang sama pada tahun 1994 lalu.

Bezos berharap, pilihannya atas Jassy yang telah bekerja selama 24 tahun di Amazon menjadi keputusan tepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia ingin Jassy naik pangkat untuk menjalankan usaha yang paling menguntungkan di Amazon, sehingga Jassy mampu menjadi pemimpin yang luar biasa.

"Saya sangat bersemangat memerankan ketua (eksekutif), di mana saya memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk baru dan inisiatif awal. Tapi saya berharap memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan usaha di luar perusahaan, seperti Bezos Earth Fund dan Blue Origin," beber Bezos.

Nantinya kata Bezos, posisi Jessy di Amazon Web Services akan digantikan oleh CEO Tableau Adam Selipsky.

Jassy akan mengambil alih bisnis yang semakin kompleks dan diteliti, usai platform e-commerce itu membeli MGM segarga 8,45 miliar dollar AS.

Baca juga: Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 29 Triliun, Untuk Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.