Kompas.com - 18/10/2021, 09:20 WIB
SPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka. stanlySPBU British Petroleum (BP) Serpong, resmi dibuka.

KOMPAS.com - Semua negara di dunia masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil, terutama bahan bakar minyak (BBM) yang dipergunakan untuk industri hingga transportasi. 

Harga BBM ditentukan beberapa faktor, seperti acuan harga minyak dunia dan pungutan pajak. Beberapa negara mematok harga BBM sangat mahal karena tidak menerapkan subsidi dan sebaliknya malah menerapkan pajak tinggi.

Dikutip dari Global Petrol Price dan laman Work and Money, Senin (18/10/2021), berikut ini daftar 10 negara dengan harga bensin termahal di dunia mengacu pada data harga bensin per 11 Oktober 2021:

Baca juga: Berapa Jumlah BUMN di China dan Mengapa Mereka Begitu Perkasa?

1. Hong Kong

Hong Kong sejauh ini menduduki pertama dengan harga BBM tertinggi di dunia. Harga BBM dengan jenis bensin yang berlaku di wilayah otonom milik China ini adalah sebesar 2,596 dollar AS atau setara dengan Rp 36.508 per liter (kurs Rp 14.063).

2. Belanda

Belanda selama puluhan tahun rutin menduduki peringkat teratas negara yang memberlakukan harga bensin termahal di dunia. Negara surganya pesepeda ini membanderol bensin seharga 2,185 dollar AS atau setara Rp 30.728 per liter. 

3. Norwegia

Negara-negara Skandinavia sudah lama dikenal dengan pajak sangat tinggi, tak terkecuali untuk BBM. Norwegia adalah peringkat pertama negara Skandinavia dengan harga bensin termahal yakni 2,178 dollar AS atau Rp 30.630 per liter. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Republik Afrika Tengah

Sebagai negara yang terkurung daratan dan minim sumber daya minyak, Republik Afrika Tengah adalah negara dengan harga bensin termahal di Benua Hitam sekaligus termahal keempat di dunia, yakni 2,116 dollar AS atau Rp 29.758 per liter.

Baca juga: Mengapa Israel Begitu Kaya Raya?

5. Denmark

Denmark adalah negara Eropa Utara dengan harga BBM paling mahal setelah Norwegia. Di Denmark, harga bensin dipatok seharga 2,091 dollar AS atau Rp 29.406 per liter. 

6. Israel

Israel masuk dalam deretan negara-negara dengan harga BBM termahal di dunia. Harga BBM jenis bensin di negara Yahudi ini per Oktober 2021 adalah sebesar 2,045 dollar AS atau setara Rp 28.759 per liter.

7. Swedia

Swedia menempati urutan ketiga sebagai negara Eropa dan Skandinavia dengan harga bensin tertinggi. Harga bensin di sana adalah sebesar 2,026 dollar AS atau Rp 28.492 per liter. 

Baca juga: 22 Tahun Pisah dari RI, Mengapa Timor Leste Setia Gunakan Dollar AS?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.