Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenali Kriteria Ideal dari Seorang Manajer Proyek

Kompas.com - 22/10/2021, 07:00 WIB
- MEDIO by KG MEDIA-

Oleh: Sulyana Andikko dan Intania Ayumirza FP

ISTILAH pekerjaan manajer proyek mungkin telah terdengar umum bagi para pelaku industri. Namun, masih banyak yang belum mengetahui seperti apa bentuk pekerjaan ataupun hal-hal yang sepantasnya dikuasai seseorang dengan posisi ini.

Sederhananya, seorang manajer proyek adalah pimpinan dari sebuah proyek yang berlangsung selama kurun waktu tertentu. Istilah proyek dalam hal ini harus digarisbawahi, sebab sering kali orang masih belum bisa membedakan antara proyek atau kegiatan operasional bisnis.

Perbedaan utama dari proyek dan kegiatan operasional bisnis adalah pada rentang waktunya. Sebuah proyek umumnya berlangsung dalam kurun waktu tertentu atau bersifat temporer dengan awal dan akhir dari keberlangsungannya yang dapat ditentukan. Sementara kegiatan operasional bisnis adalah kegiatan yang sifatnya rutin tanpa batas waktu tertentu.

Selain itu, keduanya memiliki tujuan yang juga berbeda. Proyek umumnya dibentuk dengan fokus untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dengan kegiatan operasional bisnis yang sudah memiliki output baku. Lantas, apa saja yang menjadi pekerjaan dari seorang manajer proyek?

Jika diurut mulai dari awal hingga akhir, seorang manajer akan bertanggung jawab dalam serangkaian proses yang terdiri atas inisiasi, perancangan, perencanaan, eksekusi, pengawasan, hingga penyelesaian proyek.

Dalam timnya, ialah yang bertanggung jawab untuk membangun ekosistem kerja, memfasilitasi anggotanya, mengomunikasikan perkembangan proyek, melakukan kontrol, dan memastikan pekerjaannya sesuai dengan ekspektasi para pemangku kepentingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan cakupan pekerjaan yang luas seperti demikian, lantas apa yang perlu dimiliki oleh seorang manajer proyek agar proyeknya dapat berjalan optimal?

Memiliki growth mindset

Growth mindset adalah pola berpikir bertumbuh, yang menganggap bahwa kemampuan dan bakat yang ia miliki sejak kecil hanyalah sebuah permulaan. Seseorang dengan growth mindset selalu memilih untuk belajar dan memperbarui dirinya dengan informasi dan pengetahuan yang baru.

Dalam penerapannya, seseorang dengan pola pikir ini akan terus belajar dari orang lain, memberanikan diri mengambil risiko, terbuka atas kritik, maupun berorientasi pada proses dibanding hasil yang bukan dalam kendalinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.