Naik Kereta Cepat Tak Sampai Kota Bandung, Harus Ganti Kereta Lagi

Kompas.com - 25/10/2021, 07:25 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan serta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung  (KCJB) di Stasiun Padalarang dan Depo Tegalluar, Senin (12/4/2021). DOK. Humas Pemprov JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan serta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Padalarang dan Depo Tegalluar, Senin (12/4/2021).

KOMPAS.com - Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung menuai banjir kritik. Salah satunya yakni lokasi stasiun yang berada jauh dari Kota Bandung, sehingga dikhawatirkan membuat moda transportasi tersebut sepi penumpang.

Seperti diketahui, stasiun kereta cepat terdekat dari Kota Bandung adalah Stasiun Padalarang yang masuk Kabupaten Bandung Barat, dan Stasiun Tegalluar yang merupakan wilayah Kabupaten Bandung.

Sementara apabila menggunakan kereta yang sudah ada saat ini, KA Argo Parahyangan, stasiun akhirnya berada di Stasiun Bandung yang berada di tengah Kota Kembang. 

Karena lokasi stasiunnya berada di Padalarang, maka penumpang kereta cepat yang akan menuju ke Kota Bandung harus berpindah menggunakan moda transportasi lainnya dengan berjalan kaki ke Stasiun Padalarang.

Baca juga: Kilas Balik Kereta Cepat: Ditolak Jonan, Kini Mau Pakai Duit APBN

Dalam keterangan resmi PT Kereta Cepat Indonesia–China (KCIC), Stasiun Padalarang memang dibangun untuk mengakomodasi penumpang yang akan melanjutkan perjalanan ke Kota Bandung. 

Ini karena Stasiun Kereta Cepat Padalarang lokasinya bersisian dengan Stasiun Padalarang yang dibangun pemerintah Kolonial Belanda dan merupakan stasiun kereta api reguler milik PT KAI (Persero). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Naik KA Feeder ke Kota Bandung

Selain itu, Stasiun Padalarang untuk kereta cepat juga dibangun karena alasan pengembangan kawasan sekitar, di mana lokasi tersebut berada di Kabupaten Bandung Barat yang dikenal dengan sebutan Kota Baru Parahyangan (KBP).

"Di Stasiun Hub Padalarang ini, akan terjadi konektivitas yang nyaman bagi penumpang KCJB yang ingin langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Cimahi dan Bandung dengan KA Feeder yang dilayani oleh PT KAI," kata  Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dikutip dari Antara, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Kereta Cepat RI-China: Awalnya Rp 86 Triliun, Bengkak Jadi 114 Triliun

Ia menjelaskan penambahan Stasiun Hub di Padalarang dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti demografi, komersial, dan infrastruktur di area Padalarang, yang memadai dan mampu menyasar penumpang yang berasal dari Bandung bagian barat.

"Stasiun kereta cepat akan berada di sebelah barat stasiun KA Padalarang. Penumpang yang hendak menggunakan layanan kereta cepat dari Padalarang atau sebaliknya akan disediakan KA Konvektivitas menuju Stasiun Cimahi dan Bandung," katanya.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021). dok. Agus Suparto Presiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.