Kompas.com - 26/11/2021, 14:41 WIB
Black Friday di Amerika Serikat, Black Friday adalah hari belanja dengan diskon tinggi. Michael Nagle untuk BloombergBlack Friday di Amerika Serikat, Black Friday adalah hari belanja dengan diskon tinggi.

KOMPAS.com - Black Friday adalah pembahasan yang selalu ramai pada akhir Bulan November setiap tahunnya. Di beberapa negara, terutama Amerika Serikat, Black Friday adalah hari penting bagi jutaan warganya. 

Banyak orang menantikan momentum ini. Masa periode Black Friday adalah surganya berbelanja. Itu sebabnya, Black Friday juga seringkali disebut sebagai hari belanja sedunia karena kebiasaan ini rupanya menyebar ke berbagai negara. 

Saat Black Friday, toko-toko akan memasang iklan dan diskon tinggi kepada pelanggannya. Saat hari itu, toko bahkan bisa buka seharian hingga tengah malam.

Apa itu Black Friday

Dikutip dari Investopedia, Black Friday adalah hari setelah liburan Thanksgiving di Amerika Serikat, yang selama puluhan tahun menjadi hari libur 'tak resmi' bagi banyak karyawan (arti Black Friday). 

Baca juga: Berapa Biaya Admin Tokopedia yang Ditanggung Penjual?

Black Friday adalah hari yang penuh dengan penawaran belanja khusus dan diskon besar dan dianggap sebagai awal musim belanja liburan. 

Sesuai namanya, Black Friday jatuh pada hari Jumat di akhir November. Nah pada tahun ini, Black Friday adalah ditetapkan pada hari ini, Jumat, 26 November 2021. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena adanya puncak belanja, itu sebabnya Black Friday adalah jadi patokan kondisi ekonomi negara dan cara paling mudah bagi ekonom mengukurnya. 

Para ekonom berasumsi, semakin rendah penjualan di Black Friday adalah lebih rendah dibanding tahun-tahun sebelumnya, jadi pertanda ekonomi sedang melambat. 

Baca juga: Sebagai Negara Maju, Kenapa AS Enggan Mengembangkan Kereta Cepat?

Untuk menggaet sebanyak mungkin pembeli, banyak pedagang, baik online maupun offline, buka tokonya selama berjam-jam, dari mulai sebelum fajar hingga larut malam. 

Beberapa pengecer bahkan mencuri start dengan menawarkan diskon tinggi lebih awal, yakni saat 1 November. Pera pemilik toko, bahkan bisa merencakan penjualan Black Friday selama setahun penuh (arti Black Friday).

Black Friday di Oxford Street. Black Friday adalah hari yang jatuh pada hari Jumat di akhir NovemberBayu Galih/Kompas.com Black Friday di Oxford Street. Black Friday adalah hari yang jatuh pada hari Jumat di akhir November

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.