Imbas Ekonomi Lesu, Kekayaan Jack Ma dkk Merosot Rp 1.036 Triliun

Kompas.com - 06/12/2021, 19:12 WIB
Jack Ma. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAJack Ma.
Penulis Mutia Fauzia
|


BEIJING, KOMPAS.com - Nilai kekayaan miliarder China merosot seiring dengan perekonomian China yang mengalami perlambatan.

Dilansir dari Forbes, Senin (6/12/2021), kekayaan miliarder China seperti Colin Huang, Jack Ma, Pony Ma, dan Wang Xing, secara akumulatif merosot lebih dari 73 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.036 triliun (kurs Rp 14.200) sejak April lalu.

Miliarder yang juga termasuk dalam daftar orang terkaya di China tersebut kini tengah menghadapi tekanan dari pemerintah setempat.

Miliarder China dengan nilai kekayaan merosot paling besar yakni pendiri Pinduoduo, Coliun Huang. Ia kehilangan hampir 35 miliar dollar AS atau sekitar Rp 497 triliun, seiring dengan harga saham Pinduoduo yang tercatat di Nasdaq merosot hingga lebih dari separuh.

Baca juga: Diklaim Milik China, Natuna Simpan Cadangan Gas Raksasa

Sebelumnya, investor bersedia untuk membeli saham dari perusahaan yang belum mencatatkan laba namun mengalami pertumbuhan yang begitu pesat lantaran jumlah penggunanya yang mengalami peningkatan bahkan mengambil alih posisi Alibaba.

Namun demikian, investor kemudian melakkan aksi jual akibat persaingan e-commerce yang kian sengit sementara pertumbuhan Pinduoduo cenderung stagnan.

Pada kuartal III tahun ini, pendapatan Pinduoduo meleset dari proyeksi pasar dan pertumbuhan pengguna dianggap telah melewati masa puncak.

Banyak perusahaan teknologi China yang kemudian memangkas proyeksi pertumbuhan mereka pada tahun fiskal 2022 mendatang.

Alibaba memangkas proyeksi pertumbuhan pendapatan perusahaan dari 29,5 persen pada bulan Mei lalu menjadi di kisaran 20 persen hingga 23 persen.

Semenrara itu, Meituan memangkas proyeksi pertumbuhan bisnis pengantaran makanan tersebut setelah sebelumnya mencatat rugi akibat harus membayarkan denda anti monopoli sebesar 532 juta dollar AS di Oktober.

Baca juga: Apa Itu Devisa: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Sumbernya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.