Cara Menghitung Cicilan KPR Mudah dengan Karl's Mortgage Calculator

Kompas.com - 26/09/2022, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membeli rumah dengan kredit pemilikan rumah (KPR), tentu seseorang perlu membandingkan suku bunga dan besaran cicilan KPR yang sesuai dengan kondisi finansialnya. Hal ini bisa dihitung menggunakan aplikasi Karl's Mortgage Calculator.

Aplikasi Karl's Mortgage Calculator ini dapat diunggah di PlayStore secara gratis. Aplikasi ini dapat memudahkan penggunanya untuk menghitung cicilan KPR berdasarkan suku bunga dan tenor cicilan yang diambil.

Aplikasi ini juga kerap digunakan developer maupun perbankan untuk membantu pelanggannya menghitung cicilan KPR. Penulis pun sudah pernah menggunakan dan besaran cicilan KPR yang dihitung dengan aplikasi ini sesuai dengan skema cicilan yang diberikan oleh bank.

Bagi Anda yang menggunakan suku bunga fix mungkin akan lebih mudah dalam menghitung cicilan, namun akan lebih sulit dalam penghitungan bagi Anda yang mengambil suku bunga berjenjang atau skema lainnya karena setiap beberapa tahun bunga akan berubah-ubah.

Baca juga: Minat Ajukan KPR? Simak Dulu Daftar Suku Bunga Dasar Kredit Perbankan

Untuk itu, sebelum memutuskan akan mengambil rumah dengan cara KPR, baiknya membandingkan dahulu setiap bunga yang ditawarkan bank agar dapat mengetahui bunga KPR mana yang lebih ringan.

Pasalnya, membeli rumah dengan cara KPR tidak hanya berlangsung untuk 1 atau 2 tahun saja tapi berlangsung untuk jangka panjang sehingga cicilan KPR harus diperhitungkan dengan matang karena dapat mempengaruhi pengeluaran Anda hingga puluhan tahun ke depan.

Jangan sampai ke depannya rumah yang sudah dicicil jadi disita bank karena besaran cicilan tidak sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Cara Menghitung Bunga dan Cicilan KPR

Lantas bagaimana cara menghitung bunga dan cicilan KPR menggunakan Karl's Morgage Calculator? Berikut caranya.

1. Buka aplikasi Karl's Morgage Calculator.
2. Isi harga properti di kolom Property Value.
3. Isi besaran Down Payment (DP).
4. Isi Principal dengan harga properti dikurangi DP atau jumlah plafond kredit yang diberikan bank.
5. Isi besaran bunga di kolom Interest.
6. Isi tenor cicilan KPR di kolom Years.
7. Besaran cicilan KPR akan ditampilkan di kolom Payment.

Namun, jika Anda mengambil suku bunga floating atau berjenjang maka dapat melanjutkan pengisian dengan mengisi kolom di bagian bawah di halaman INPUT. Berikut caranya:
1. Pilih opsi Int.
2. Isi Interest #1 untuk suku bunga sekian tahun pertama dan isi Start Month dan End Month untuk bulan ke berapa bunga berubah. 
4. Isi kolom Interest #2 dan seterusnya jika dalam skema bunga KPR tersebut perlu perubahan bunga setiap beberapa tahun sekali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.