Kompas.com - Diperbarui 27/09/2022, 20:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara daftar Kartu Prakerja bisa dilakukan dengan mudah melalui HP. Masyarakat yang ingin daftar Kartu Prakerja, bisa mengakses website resminya yaitu https://www.prakerja.go.id/.  

Saat ini, program Kartu Prakerja telah sampai tahap pengumuman peserta yang lolos gelombang 45. Masyarakat pun tengah menunggu pembukaan Kartu Prakerja gelombang 46.

Meski pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 46 belum dibuka, tidak ada salahnya untuk mempelajari cara daftar Prakerja dari sekarang. Jadi, Anda tidak akan kebingungan lagi saat gelombang berikutnya sudah dibuka.  

Baca juga: Pertalite Dirasa Lebih Boros? Simak Cara Mudah Cek Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan

Dikutip dari laman resminya, program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.

Peserta yang lolos Kartu Prakerja akan mendapat bantuan pelatihan atau pembekalan kompetensi kerja dan kewirausahaan serta mendapatkan insentif yang diberikan secara nontunai.

Baca juga: Ada PHK di Industri Kripto, Investasi Bitcoin Masih Menarik?

Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000. Rinciannya terdiri dari bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk SISNAKER.

Kemudian, insentif Prakerja yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, OVO atau GoPay milik peserta.

Insentif ini terdiri dari dua bagian yaitu insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp 2,4 juta). Kedua, insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei sebanyak 3 kali (Rp 150.000).

Baca juga: 5 Kereta Jarak Jauh Alami Perubahan Jadwal Mulai 28 September, Ini Informasinya

Lalu, bagaimana cara daftar Kartu Prakerja

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.