Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Kuliner di Kereta Api, Enak Pesan Online atau Langsung?

Kompas.com - 04/05/2023, 16:36 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat perjalanan mudik Lebaran kemarin menggunakan Kereta Api Matarmaja kelas ekonomi, Kompas.com menjajal kuliner dari Railfood, baik melalui pemesanan secara online maupun langsung di atas kereta.

Sebagai informasi, Railfood merupakan layanan pemesanan makanan dan minuman di kereta api yang disajikan oleh anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) yakni PT Reska Multi Usaha.

Layanan Railfood ini sangat membantu penumpang kereta api yang tidak sempat menyiapkan bekal makanan maupun minuman untuk menemani perjalanannya dengan kereta api.

Baca juga: Cara Mengurus Paspor Hilang atau Rusak serta Syarat dan Biayanya

Terlebih, Railfood menawarkan aneka jenis kuliner yang dapat disesuaikan oleh selera masing-masing penumpang, seperti nasi goreng, nasi ayam geprek, nasi ayam CFC, nasi ayam gepuk, dan nasi telur kulit krispi.

Bahkan beberapa menu kuliner daerah juga tersedia, seperti nasi gudeg, tahu petis, lumpia, nasi empal gentong, dan bakpia. Ada juga makanan ringan seperti Pop Mie, odeng, bakso, seblak, dan snack kemasan.

Sementara untuk menu minuman dingin tersedia air mineral dan aneka minuman kemasan. Sedangkan minuman hangat berupa kopi hitam, kopi susu, capucino, teh, dan coklat.

Namun menu makanan dan minuman ini tergantung pada ketersediaan di masing-masing kereta. Pasalnya, kereta api memasok makanan setiap berhenti di stasiun-stasiun tertentu.

Misalnya, saat Kompas.com memesan nasi ayam geprek secara online atau preorder, pesanan tersebut baru tersedia saat kereta sudah berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan.

Cara Pesan Railfood secara Preorder dan Langsung

Salah satu menu kuliner Railfood bernama Odeng Indonesia Paket 3 yang dibanderol seharga Rp 25.000. Dalam satu menu ini berisi dua tusuk odeng, satu bakso ikan, satu cikuwa mini, dan satu bakso lobster yang disajikan dengan kuah hangat.Kompas.com/Isna Rifka Sri Rahayu Salah satu menu kuliner Railfood bernama Odeng Indonesia Paket 3 yang dibanderol seharga Rp 25.000. Dalam satu menu ini berisi dua tusuk odeng, satu bakso ikan, satu cikuwa mini, dan satu bakso lobster yang disajikan dengan kuah hangat.

Untuk membandingkan lebih enak mana memesan Railfood secara online atau offline, Kompas.com sudah memesan menu nasi ayam geprek, odeng, dan minuman kemasan dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kereta.

Untuk pemesanan Railfood secara online, kamu harus sudah membeli tiket kereta. Berikut cara pesan Railfood secara online melalui aplikasi KAI Access:
1. Buka aplikasi KAI Access.
2. Pilih menu “Railfood”.
3. Klik tiket atau kode booking perjalananmu.
4. Pilih menu yang diinginkan, baik makanan atau minuman. Apabila ingin melihat detail menu dapat mengklik gambar makanan yang tersedia Klik ikon “Pesan” dan akan muncul rincian pemesanan.
5. Klik “Bayar Sekarang”, lalu pilih metode pembayaran.
6. Kamu akan diarahkan ke halaman status pembayaran dan segera lakukan pembayaran sebelum waktu pembayaran habis.
7. Setelah pembayaran dillakukan, kamu akan mendapatkan detail pesanan.
8. Saat sudah di kereta, kamu dapat menunggu pesanan makanan atau minuman diantar ke tempat duduk oleh petugas.

Pemesanan preorder ini dapat dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan hingga 1 jam sebelum kereta tiba.

Adapun metode pembayaran pemesanan secara online ini dapat melalui LinkAja, QRIS, dan transfer bank.

Sementara untuk pemesanan secara langsung, dapat dilakukan di gerbong kereta makan atau melalui petugas Railfood yang berkeliling menawarkan makanan di dalam kereta.

Adapun metode pembayaran untuk pemesanan Railfood secara langsung dapat menggunakan uang tunai, LinkAja, ShopeePay, mobile banking, dan QRIS.

Baca juga: Saran dari BI agar Masyarakat Tidak Tertipu QRIS Palsu

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com