Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GudangAda Gelar Lokakarya Bisnis Digital ke Mitra Pedagang agar Melek Literasi Digital

Kompas.com - 18/11/2022, 10:00 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan penyedia layanan ekosistem B2B, GudangAda, menyelenggarakan Lokakarya bagi mitra pedagang di 49 kota di seluruh Indonesia.

Founder & CEO GudangAda Stevensang mengatakan, inisiatif ini dilakukan lantaran pihaknya melihat di tengah maraknya digitalisasi pedagang tradisional saat ini, masih banyak pedagang yang belum merasakan manfaat dari platform digital secara optimal.

Untuk itu, para pelaku bisnis UKM perlu memiliki literasi digital yang baik.

Baca juga: GudangAda Luncurkan GudangAda Solusi, Ini Manfaatnya

Berdasarkan Indeks Literasi Digital Indonesia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tahun 2021, indeks literasi digital masyarakat Indonesia masih berada di angka 3,49.

Angka tersebut menempatkan Indonesia dalam kategori sedang, dengan bentang skor indeks dari 0 hingga 5. Sedangkan pemerintah menargetkan 30 juta UKM akan go digital di tahun 2024.

"Agar para pelaku bisnis UKM dapat mengembangkan bisnis menggunakan solusi digital, mereka juga perlu memiliki literasi digital yang baik. Karena itu kami berinisiatif melaksanakan program edukasi secara langsung ke lebih dari 750 pedagang di 49 kota. Program ini kami harapkan dapat meningkatkan daya saing para pedagang ke depan lewat literasi digital yang lebih kuat," ujar Stevensang dalam siaran persnya dikutip Jumat (18/11/2022).

Baca juga: Belanja di GudangAda Bisa Lewat COD, Ini Caranya

Dia menyakini, dengan pemahaman mendalam tentang fitur dan layanan bisnis platform digital, kemampuan menggali potensi dan informasi yang dimiliki oleh platform digital hingga kecermatan memilih platform digital yang aman untuk mendorong usaha mereka, para pedagang tradisional dapat menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan sustainable.

Lokakarya bisnis digital yang mengangkat tema “Go Digital, Grow Bigger & Ready for the Future” ini tak hanya mengajak para pedagang untuk mempunyai pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya literasi digital, tapi juga memberikan informasi seputar keunggulan layanan solusi digital terintegrasi milik GudangAda.

Mulai dari GudangAda Marketplace yang bisa membuka akses ke pasar yang lebih luas dan menawarkan harga barang yang kompetitif hingga GudangAda Solusi yang memudahkan para pedagang mengelola operasional harian toko dan manajemen stok barang dagangan.

Baca juga: Ini Strategi GudangAda Digitalisasikan Warung KelontongLokal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com