Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Karyawan RI Loyal ke Perusahaan, Puncaknya Saat Pandemi

Kompas.com - 23/06/2023, 13:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa profesional Mercer merilis laporan tentang Global Talent Trends (GTT ) 2023 Mercer’s Employee Benchmark.

Dari hasil laporan itu disebutkan tingkat kedekatan pekerja dengan perusahaannya sebanyak 80 persen.

"Ada enam dimensi yang digunakan Mercer untuk mengukur tingkat keterlibatan karyawan, yaitu pride, motivated, recommended, overall satisfaction, look forward and stay. Secara keseluruhan, skor keterlibatan karyawan Indonesia adalah 80 persen, 3 persen lebih tinggi dari skor di Kawasan Asia Tenggara (Thailand, Malaysia, Filipina) dan global," ujar Director of Career Services, Mercer Indonesia, Isdar Marwan secara virtual Zoom, Kamis (22/6/2023).

Bila diperincikan, skor dimensi keterlibatan karyawan Indonesia adalah 90 untuk pride (bangga) dibandingkan dengan 85 untuk Asia Tenggara dan 83 untuk global, 89 untuk motivasi, dan 81 untuk rekomendasi kembali perusahaan tempat karyawan

Baca juga: Survei: 42 Persen CEO Dunia Percaya Kecerdasan Buatan Akan Menghancurkan Manusia dalam 5-10 Tahun

Kemudian, untuk kepuasan secara keseluruhan di tempat bekerja skornya 77, 71 untuk stay atau menetap bekerja, dan melihat peluang kedepan (look forward) skornya adalah 71, setara dengan Asia Tenggara, tetapi lebih rendah dari skor global sebesar 73.

Isdar mengungkapkan, makin intimnya karyawan terhadap perusahaan saat pandemi Covid-19 melanda di seluruh dunia termasuk Indonesia. Namun, pada saat pandemi perlahan memudar dan bisnis kembali bergulir, skor hampir semua dimensi pengukuran pun terus merosot.

"Puncak dari masing-masing dimensi engagement itu terjadi di tahun 2020, ketika pandemi melanda. Jadi karyawan itu merasa pandemi itu mereka benar-benar diperhatikan. Kalau kita lihat sesudahnya itu merosot," ungkapnya.

"Masing-masing buat pride lebih rendah sekarang 85 persen daripada tahun sebelumnya tahun 2021 88 persen, recommended juga turun dari 76 ke 75, stay juga turun dari 69 ke 68, motivated turun 4 poin dari 87 ke 83. Hanya dimensi satisfaction dimana kita lihat levelnya sama dibanding tahun sebelumnya 77. Averrage itu menurun," papar Isdar.

Baca juga: Survei VIDA: 88 Persen Perusahaan di Indonesia Membutuhkan Identitas Digital

Mercer melakukan survei mulai dari karyawan hingga pimpinan perusahaan secara global. Sekitar 2.500 pemimpin SDM global berpartisipasi dalam survei ini, di antaranya 76 perusahaan di Indonesia juga turut berkontribusi.

Sementara itu, 2023 Mercer’s Employee Benchmark mengumpulkan masukan dari perspektif karyawan dalam lima tahun terakhir (2018-2022) sebagai analisis keterlibatan karyawan (employee engagement) 2023.

Sebanyak 40.143 responden/karyawan dari 41 perusahaan terkemuka di Indonesia ikut serta dalam survei tersebut.

Baca juga: Survei JobStreet: Admin & HR hingga IT jadi Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan 6 Bulan Terakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com