Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Info Pelabuhan Teluk Bayur Padang: Jadwal Kapal dan Tiketnya

Kompas.com - 20/08/2023, 01:31 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Teluk Bayur adalah pelabuhan yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Dari Pelabuhan Teluk Bayur, masyarakat bisa menyeberang ke Pulau Nias atau rute jarak jauh seperti Kumai hingga Tanjung Priok.

Mengutip laman resmi Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Pelabuhan Teluk Bayur atau Port of Teluk Bayur berjarak sekitar 7 kilometer dari Selatan Kota Padang yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pelabuhan Teluk Bayur yang sebelumnya bernama Emmahaven dibangun pada 1893 di Kota Padang oleh pemerintah Hindia Belanda.

Pelabuhan Teluk Bayur juga merupakan pelabuhan samudera yang terbuka untuk kegiatan perdagangan internasional di provinsi Sumatera Barat.

Baca juga: Info Pelabuhan Klotok Kampung Baru: Jadwal Kapal dan Tiketnya

Pelabuhan ini memiliki beberapa kawasan yang merupakan sentra kegiatan ekonomi di Sumatera Barat meliputi Muara Padang dan Air Bangis.

Teluk Bayur Padang ini melayani berbagai jenis ekspor impor untuk komoditas seperti batu bara, semen, clinker, minyak kelapa sawit, kayu manis, teh, moulding, furniture, dan karet, yang merupakan komoditas ekspor unggulan untuk benua Amerika, Eropa, Asia, Australia dan Afrika.

Jadwal kapal Pelabuhan Teluk Bayur ke Jakarta

Untuk kapal yang layannya paling diminati KM Lawit yang dioperasikan oleh PT Pelni (Persero). Rute kapal ini antara lain Nias, Siboga, Tanjung Priok Jakarta, Teluk Bayur Padang, Pontianak Kalimantan Barat dan berakhir di Tanjung Emas emarang.

Dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang, KM Lawit ini memiiki rute keberangkatan 1-2 kali dalam satu bulan untuk setiap rute yan berbeda.

Baca juga: Profil Pelabuhan Kendal yang Jadi Penyangga Tanjung Emas Semarang

Untuk harga tiketnya bervariasi tergantung dari kelas yang dipilih. Misalnya untuk rute Teluk Bayur Padang menuju ke Tanjung Priok Jakarta, tiket dewasa dibanderol Rp 277.000 dan anak Rp 34.000.

Harga yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dengan situasi dan kebijakan dari Pelni. Untuk kepastikan jadwal dan perubahan harga tiket bisa dicek di situs resmi Pelni (https://www.pelni.co.id/).

Jadwal kapal Teluk Bayur ke Nias

Selain dilayani kapal Pelni, di Port of Teluk Bayur juga dilayani kapal ASDP dengan tujuan Siberut Pulau Mentawai. Tersedia jadwal kapal setiap hari dengan kapal KMP Ambu dan KMP Gambolo.

Harga tiketnya bervariasi. Untuk kelas ekonomi penumpang dewasa dikenakan tarif Rp 130.000 - 160.000 dan Rp 14.000 - 95.000 untuk anak. Untuk jadwal keberangkatan tarif tiket bisa dicek di aplikasi ferizy.

Pelabuhan Teluk Bayur Padang dilayani kapal Pelni menuju ke Jawa maupun ASDP dengan rute ke Mentawai.Dok. Semen Indonesia Pelabuhan Teluk Bayur Padang dilayani kapal Pelni menuju ke Jawa maupun ASDP dengan rute ke Mentawai.

Baca juga: Info Pelabuhan Ferry Gorontalo: Jadwal Kapal hingga Tarif Tiketnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com