Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rampung Dibangun, "Skybridge" Bojonggede Diuji Coba Bertahap

Kompas.com - 05/12/2023, 21:26 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan uji coba operasional Skybridge Bojonggede, Bogor, Jawa Barat pada Selasa (5/12/2023).

Skybridge buatan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub ini membentang sepanjang 243 meter dengan lebar 3 meter menghubungkan Stasiun Bojonggede dan Terminal Bojonggede.

Plt Kepala BPTJ Suharto mengatakan, pengoperasian Skybridge Bojonggede ini diharapkan akan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di sekitar Stasiun Bojonggede seperti yang terjadi saat ini.

Baca juga: Mulai Dibangun, Skybridge Bojonggede Ditargetkan Rampung Oktober 2022

"Skybridge Bojonggede ini merupakan wujud nyata dari upaya pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Bogor untuk mencari solusi permasalahan kemacetan dan kesemrawutan di sekitar Stasiun Bojonggede yang sudah sejak lama menjadi perhatian bersama," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12/2023).

Adapun uji coba dilakukan dengan menutup pintu selatan Stasiun Bojonggede yang dilakukan secara bertahap.

Pada uji coba Skybridge Bojonggede tahap pertama hari ini, pintu selatan Stasiun Bojonggede tidak akan ditutup namun penumpang selalu diinformasikan terkait rencana penutupan.

Sementara itu, pada uji coba tahap kedua pada Rabu (6/12/2023) dan Kamis (7/12/2023) pintu selatan akan ditutup dua kali, yaitu pukul 09.00 sampai 11.00 WIB dan 14.00 sampai 16.00 WIB.

Baca juga: Menyusuri Skybridge Solo yang Membelah Gang-gang Kampung

Pada uji coba tahap ketiga di hari Jumat (8/12/2023) pintu selatan akan ditutup sepanjang jam operasional Stasiun Bojonggede pukul 04.00 sampai 24.00 WIB.

Dengan pemberlakuan tersebut, maka akses dari dan menuju Stasiun Bojonggede dialihkan melalui pintu hall Skybridge yang berada di Terminal Bojonggede.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com