Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Inflasi dan Deflasi serta Untung Ruginya bagi Ekonomi

Kompas.com - 19/03/2024, 06:12 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa perbedaan inflasi dan deflasi. Keduanya merupakan indikator utama dalam mengukur kondisi perekonomian suatu negara atau daerah.

Mengutip laman Bank Indonesia, inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya. Kebalikan dari inflasi disebut deflasi.

Sementara deflasi merupakan penambahan nilai mata uang, antara lain dengan pengurangan jumlah uang kertas yang beredar dengan tujuan mengembalikan daya beli yang yang nilainya turun.

Baca juga: Pengertian Inflasi, Penyebab, Dampak, dan Mengatasinya

Deflasi merupakan fenomena penurunan harga yang ada di dalam suatu wilayah. Deflasi terjadi karena kekurangan jumlah uang beredar yang menyebabkan daya beli masyarakat menjadi turun.

Perhitungan inflasi maupun deflasi dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia. BPS melakukan survei untuk mengumpulkan data harga dari berbagai macam barang dan jasa yang dianggap mewakili belanja konsumsi masyarakat.

Data tersebut kemudian digunakan untuk menghitung tingkat inflasi dengan membandingkan harga-harga saat ini dengan periode sebelumnya.

Apa perbedaan inflasi dan deflasi?

Apa perbedaan antara inflasi dan deflasi? Inflasi dan deflasi adalah dua fenomena ekonomi yang terkait dengan perubahan tingkat harga barang dan jasa dalam suatu perekonomian.

Berikut ini adalah perbedaan inflasi dan deflasi:

Baca juga: Apa Itu Inflasi Hijau: Definisi, Dampak, dan Contoh di Banyak Negara

Inflasi

1. Peningkatan harga

Inflasi terjadi ketika tingkat harga barang dan jasa secara umum meningkat dari waktu ke waktu. Ini berarti bahwa setiap unit mata uang akan membeli lebih sedikit barang dan jasa daripada sebelumnya.

2. Pengaruh peningkatan permintaan

Inflasi sering kali disebabkan oleh kenaikan permintaan yang lebih besar dari peningkatan pasokan barang dan jasa dalam perekonomian.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti pertumbuhan ekonomi yang kuat, peningkatan pengeluaran pemerintah, atau kebijakan moneter yang longgar.

3. Dampak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com