Marak Pialang Berjangka Ilegal, Begini 3 Cara Menghindarinya

Kompas.com - 08/05/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi pialang saham thikstockphotosIlustrasi pialang saham
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah memblokir 114 situs entitas tidak memiliki izin usaha sebagai pialang berjangka pada April 2020. Sepanjang April, Bappebti pun sudah memblokir 217 domain situs.

Ada banyak modus yang digunakan para pelaku usaha pialang berjangka ini. Pelaku usaha ilegal tersebut biasanya menawarkan investasi berkedok penambangan mata uang kripto selain penawaran investasi mata uang, indeks saham, dan komoditi.

Untuk dapat melakukan aktifitas menambang kripto, masyarakat ditawarkan untuk bergabung dengan menyediakan paket-paket sesuai dengan kemampuannya dan mendaftar melalui situs mereka.

Baca juga: Bappebti Blokir 114 Situs Pialang Berjangka Ilegal, Begini Modusnya

Penawaran-penawaran tersebut, kata M Syift, dilakukan melalui situs internet dan Whatsapp grup.

Adapun perekrutan calon peserta dilakukan dengan sistem berjenjang atau skema piramida. Investasi dengan skema ini merupakan skema penipuan. Dana yang terkumpul pun umumnya dibawa lari oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lantas bagaimana agar terhindar dari pialang berjangka ilegal ini?

Baca juga: Sri Mulyani Soal Bansos: Masalahnya Bukan di Anggaran...

Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappeti M Syist mengatakan, setidaknya 3 cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. Tiga cara ini merupakan cara dasar dan paling mudah untuk dilakukan.

Pertama, masyarakat perlu mengecek kelegalan izin usaha pialang berjangka.

“Sebelum berinvestasi, masyarakat diharapkan selalu melakukan pengecekan atas legalitas Pialang berjangka dan kewajaran keuntungan yang ditawarkan," kata Syist dalam keterangan resmi, Jumaf (8/5/2020).

Baca juga: Pertamini Kian Menjamur, BPH Migas: Mau Kami Awasi tapi Tidak Bisa

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X