AirAsia Berencana Kembali Lakukan PHK Ratusan Karyawan

Kompas.com - 29/09/2020, 11:02 WIB
Armada AirAsia Airbus A320 Neo Aircraft NEWSROOM.AIRASIA.comArmada AirAsia Airbus A320 Neo Aircraft

 

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) asal Malaysia, AirAsia Group Berhad, berencana kembali melakukan pemutusan hubungan kerja ( PHK) terhadap ratusan karyawan. 

PHK karyawan dilakukan sebagai efisiensi di tengah pandemi Covid-19.

Pemangkasan akan dilakukan dalam manajemen AirAsia Berhad ataupun anak usaha yang melayani penerbangan jarak jauh, yakni AirAsia X Berhad.

Baca juga: Bos AirAsia: Semua Tujuan Penerbangan Masih Beroperasi, tetapi...

Dikutip dari Reuters, Selasa (29/9/2020), staf yang dirumahkan akan diberitahu dalam kurun waktu 72 jam.

AirAsia pun dikabarkan siap memberikan sejumlah bantuan, seperti tunjangan kesehatan dan penukaran kupon penerbangan akhir tahun.

CEO AirAsia Malaysia Riad Asmat mengatakan, pihaknya telah memberitahu langsung pemerintah setempat terkait kondisi maskapai. Namun, sampai saat ini ia mengaku belum mendapatkan respons.

Mereka yang diberhentikan, rencananya, direkrut kembali setelah maskapai berhasil melewati pandemi. Sementara staf yang bertahan tidak akan mendapatkan pemotongan gaji.

Baca juga: Pandemi Covid-19, AirAsia Pangkas Gaji 533 Karyawan

AirAsia X melakukan efisiensi lebih dalam menyangkut staf teknis dan awak kabin, dengan metode masuk terakhir, keluar pertama, atau last in, first out.

"Saya tidak tahu kapan kami akan terbang. Kami pikir, yang terbaik adalah berhemat dan kami berharap bisa memberikan kepastian kepada masyarakat," ujar CEO AirAsia X, Benyamin Ismail.

Halaman:


Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X