Di Shopee Malaysia hingga Filipina, 50.000 Produk UMKM RI Terjual Setiap Hari

Kompas.com - 18/12/2020, 10:19 WIB
Ilustrasi belanja online SHUTTERSTOCKIlustrasi belanja online

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee mencatat lebih dari 50.000 produk UMKM terjual setiap harinya melalui aplikasi Shopee Malaysia, Shopee Singapura, dan Shopee Filipina.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, kategori favorit yang sukses di pasar Malaysia, Singapura, dan Filipina adalah fashion muslim dan pakaian wanita.

"Pencapaian ini didukung pula dengan adanya promosi dan/atau eksposur dalam hal pemasaran untuk para UMKM lokal untuk program ekspor Shopee Indonesia, di Malaysia," ujarnya dalam diskusi webinar Shopee yang disiarkan secara virtual, Kamis (17/12/2020).

Handika menyebutka, tahun ini terdapat 10 juta produk dari Indonesia yang telah masuk ke dalam program ekspor. Jumlah ini melonjak dibandingkan tahun 2019 yang hanya 5.000 produk.

Baca juga: OJK: 70 Persen UMKM Belum Tersentuh Lembaga Keuangan

Pencapaian tersebut lanjut dia, membuktikan bahwa UMKM di Indonesia, secara tidak langsung merupakan salah satu bagian penting yang turut mendorong perputaran roda perekonomian Indonesia.

Pihaknya pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mau berkolaborasi secara berkelanjutan, baik itu Kementerian dan Instansi Pemerintahan selama satu tahun ke belakang,

"Kami berharap, Shopee dapat senantiasa memberikan performa yang optimal dari program-program pendukung UMKM binaan kami agar dapat secara efektif merealisasikan komitmen bersama dalam mendukung UMKM di Indonesia, sekaligus mendorong perputaran roda perekonomian secara maksimal ke depannya," ucapnya.

Handika mengatakan, Shopee Indonesia mendukung para UMKM binaan untuk dapat melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina. Selain itu juga akan merambah ke semua negara tempat Shopee beroperasi kemudian, dimulai dari Thailand dan Vietnam di tahun 2021 mendatang.

“Sebagai perusahaan e-commerce, kami kembali menegaskan peran dan fungsi kami sebagai penyelenggara program untuk mendukung keberlangsungan UMKM, sekaligus wadah untuk memperluas akses penjualan dan pemasaran secara digital,"ujarnya.

"Kami berharap perkembangan program ekspor yang merupakan salah satu fokus penguatan UMKM di masa sulit ini dapat terus didukung oleh berbagai instansi pemerintahan terkait, dan senantiasa berlangsung dengan optimal hingga seterusnya," tambah dia.

Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan oleh UMKM dalam Membuat Foto Produk yang Menarik



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X