Ancaman Pandemi Bikin Kesadaran terhadap Asuransi Meningkat

Kompas.com - 02/06/2021, 20:40 WIB
Ilustrasi asuransi. ThinkstockIlustrasi asuransi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan terhadap produk-produk asuransi diproyeksi masih akan tetap tumbuh pada 2021, seiring dengan masih nyatanya ancaman virus corona atau Covid-19.

Direktur Utama Allianz Indonesia Joos Louwerier mengatakan, kesadaran dan permintaan masyarakat terhadap produk asuransi meningkat semenjak tahun lalu, semenjak munculnya pandemi Covid-19.

“Kami percaya pandemi mengakibatkan adanya peningkatan kebutuhan produk perlindungan,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Agar Tak Bingung, Berikut Penjelasan Manfaat dan Jenis Asuransi Jiwa

Ia meyakini, tren pertumbuhan permintaan terhadap produk asuransi masih akan berlanjut pada tahun ini.

“Masyarakat merasa lebih rentan terhadap isu kesehatan di tengah pandemi. Jadi dengan demikian ada kebutuhan,” ujar dia.

Selain itu, Joos juga menyoroti masih rendahnya penetrasi produk asuransi di Indonesia. Ini membuat potensi pertumbuhan kepemilikan asuransi masih sangat tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, perekonomian Indonesia diproyeksi kembali tumbuh positif pada tahun ini, dan ke depannya akan tumbuh lebih cepat lagi.

“Indonesia akan menjadi negara maju, kebutuhan terhadap produk asuransi akan semakin tinggi,” kata Joos.

Baca juga: Pengertian Istilah-istilah Asuransi: Premi, Polis, dan Klaim

Oleh karenanya, Joos mendorong kepada para pelaku industri asuransi untuk menyediakan berbagai produk yang terjangkau dan tepat sesuai kebutuhan masyarakat.

Selain itu, pelaku industri asuransi disarankan untuk fokus berinvestasi pada infrastruktur teknologi, guna memfasilitasi akses masyrakat ke produk asuransi.

“Dengan itu saya pikir, meskipun masih berada di tengah pandemi, prospek industri asuransi Indonesia masih cerah,” ucapnya.

Baca juga: Mengenal Manfaat Asuransi dan Jenis-Jenis Asuransi



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.