Teliti Sebelum Beli, Ini Cara Bedakan Ayam Kampung Asli dan Ayam Joper

Kompas.com - 07/06/2021, 11:42 WIB
Boim, salah seorang pedagang daging ayam negeri di Pasar Baru Bekasi, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (2/5/2019). KOMPAS.com/ DEAN PAHREVIBoim, salah seorang pedagang daging ayam negeri di Pasar Baru Bekasi, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Kamis (2/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan tren gaya hidup sehat yang semakin meningkat, terutama di masyarakat perkotaan, membuat konsumsi daging ayam kampung terus mengalami peningkatan.

Mudah ditemui restoran yang menjual menu ayam kampung. Begitupun di pasar tradisional hingga ritel modern, daging ayam begitu mudah ditemui.

Namun di sisi lain, banyak beredar daging ayam persilangan seperti jenis ayam jowo super atau ayam joper yang dicatut sebagai ayam kampung asli.

Praktisi peternakan yang juga puluhan tahun menggeluti budidaya ayam kampung, Febroni Purba, menjelaskan bagi masyarakat awam memang sulit membedakan ayam kampung asli dengan ayam hasil persilangan.

Baca juga: Marak, Ayam Kampung Tidak Asli Beredar di Pasaran

Dari sisi fisik ayam yang belum dipotong alias livebird, ayam lokal kampung asli cenderung memiliki warna dominan hitam. Meski terkadang banyak ayam kampung yang juga memiliki corak warna bulu lainnya seperti putih hingga abu-abu.

"Kita dapat membedakan ayam lokal dengan ayam persilangan secara sederhana dari aspek fisik. Ayam lokal cenderung memiliki bulu warna hitam. Apalagi sejak ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) diperkenalkan tahun 2014, sekarang sudah cukup maju bahkan skala industri yang mendominasi warna bulu hitam," jelas Febroni kepada Kompas.com, Senin (7/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara ayam persilangan seperti joper cenderung memiliki warna merah, baik dominan maupun sebagian bulunya. Ini karena indukan ayam joper berasal dari ayam layer petelur yang warnanya merah.

Ayam merah petelur yang banyak dibudidayakan di Indonesia berasal dari indukan ayam dalam bentuk GPS dan GPPS yang banyak diimpor dari Eropa.

Baca juga: Ladang Uang Ternak Ayam Kampung, Modal Kecil, Peluang Menjanjikan

"Sedangkan ayam persilangan seperti joper warna bulunya cenderung warna merah bata," jelas Febroni.

Ayam layer petelur atau ayam merahMuhammad Idris/Kompas.com Ayam layer petelur atau ayam merah

Sementara jika ayam sudah dipotong atau sudah dalam bentuk karkas daging, ayam persilangan dagingnya lebih kenyal dari ayam kampung asli.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.