Kompas.com - 16/06/2021, 18:52 WIB
Video viral aksi pungli di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tangkapan LayarVideo viral aksi pungli di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Direktur Utama PT Jakarta Internasional Container Terminal (JICT) Budi Cahyono mengatakan, mereka mendukung penuh langkah pemerintah dan aparat penegak hukum untuk membersihkan praktik pungli di kawasan pelabuhan Tanjung Priok, termasuk di terminal JICT.

Untuk menciptakan produktivitas dan percepatan proses bongkar muat di JICT, beberapa inisiatif telah mereka lakukan.

Baca juga: Cegah Pungli, JICT Terapkan Teknologi Digital

Pertama, penambahan tenaga operator RTGC di JICT yang kini berjumlah 40 operator per shift, dari sebelumnya 38 operator.

"Kedua, adjustment deployment manpower RTGC sesuai dengan workload di lapangan. Penyesuaian deployment operator akan dimaksimalkan pada shift dua dan tiga pada malam hari, dimana pada saat shift tersebut, workload terminal sangat padat," kata Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Ketiga, prioritas RTGC untuk melayani kegiatan di lapangan dibanding pelayanan kapal jika terjadi kepadatan.

Budi menjelaskan, pada saat terjadi antrean panjang maka terminal akan menghentikan sementara kegiatan bongkar kapal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara alat RTGC akan difokuskan untuk melayani kegiatan pengiriman serta penerimaan.

Baca juga: Ini Cara Polri hingga Pelindo II Berantas Pungli di Pelabuhan Tanjung Priok

Keempat, sosialisasi ke asosiasi. Terminal telah melakukan sosialisasi terkait pelayanan operasional kepada asosiasi serta meluruskan informasi terkait standar kinerja layanan di JICT.

Budi mengatakan, berkaitan dengan kinerja pelayanan peti kemas di JICT, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok telah menetapkan batas waktu maksimal untuk pengiriman selama 117 menit dan penerimaan 85 menit.

"Realisasinya, di JICT untuk delivery 109 menit, dan receiving 72 menit. Ini artinya JICT bisa melakukan lebih baik dari standar yang ditetapkan. JICT berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang efisien dan berkualitas bagi seluruh pengguna jasanya," pungkas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X