KILAS

Dukung Sektor Pariwisata, Kemenaker Kembangkan Kejuruan Spa Therapist

Kompas.com - 22/06/2021, 20:07 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerima audiensi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS) secara virtual di Jakarta, Selasa (22/6/2021). DOK. Humas Kementerian KetenagakerjaanMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerima audiensi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS) secara virtual di Jakarta, Selasa (22/6/2021).

KOMPAS.com – Salah satu kejuruan pelatihan yang sedang dikembangkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) saat ini adalah Spa Therapist.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, pengembangan kejuruan Spa Therapist dapat mendukung sektor pariwisata.

Oleh karena itu, kata dia, sejumlah BLK Komunitas di Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuhan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan Spa Therapist.

“Untuk mempersiapkan jurusan baru itu, Kemenaker telah bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu, Wardah, dan lainnya,” papar Menaker Ida, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Hal tersebut disampaikan Menaker Ida saat menerima audiensi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS) secara virtual di Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: 3 Isu Penting Ketenagakerjaan Jadi Fokus Kemenaker di Forum G20

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan, kerja sama tersebut dapat melayani pasar tenaga kerja dalam negeri, luar negeri, dan wirausaha secara mandiri.

Selain itu, lanjut dia, peluang kerja bagi lulusan kejuruan Spa Therapist pun akan lebih besar.

Menaker Ida pun menyatakan, Kemenaker akan terus meningkatkan kerja sama dengan LPPMS.

“Kami siap terus bekerja sama dengan LPPMS dalam peningkatan standar kompetensi kerja di bidang kecantikan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri,” kata Menaker Ida.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Kemenaker Terapkan WFH 75 Persen

Perlu diketahui, selama ini Kemenaker melalui BLK telah menggunakan produk kecantikan Mustika Ratu untuk digunakan selama pelatihan peserta Asean Skill Competition di bidang kecantikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.