Pergi ke Tanah Suci di Usia Muda Bukan Mimpi, Ini Tipsnya

Kompas.com - 23/10/2021, 11:10 WIB
Ilustrasi haji Kementerian Agama RIIlustrasi haji

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi membuka akses ibadah umrah bagi jemaah Indonesia. Suatu kabar baik yang sudah ditunggu-tunggu umat muslim Tanah Air sejak virus Covid-19 mewabah.

Selain itu, di Masjidil Haram pun kini tidak ada lagi aturan jaga jarak. Artinya, beribadah sudah boleh kapasitas penuh. Makin pengin ke sana tidak sih?

Pergi ke Tanah Suci untuk umrah dan haji adalah dambaan umat Islam. Apalagi jika berangkat di usia muda. Badan masih segar bugar, sehingga dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Siapa bilang usia 20 tahunan sampai 30 tahunan tidak bisa berangkat ke Kota Suci Mekah? Kalau niat dibarengi dengan usaha, tidak ada yang mustahil.

Usaha atau ikhtiar ini bentuknya macam-macam. Salah satunya menabung, mengontrol pengeluaran untuk mewujudkan mimpi ke Tanah Suci.

Berikut tips buat kamu yang ngebet pergi haji atau umrah ke Tanah Suci di usia muda, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buka rekening tabungan khusus

Langkah pertama kamu bisa menggapai keinginan berhaji atau umrah adalah membuka tabungan khusus di bank. Untuk umrah, perkiraan biayanya minimal Rp 20 juta dan tidak ada masa tunggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biaya haji reguler sebesar Rp 44,3 juta (2021). Setoran awal Rp 25 juta dengan masa tunggu rata-rata 18 tahun.

Sedangkan ongkos naik haji plus (ONH Plus) sekitar Rp 150 jutaan sampai Rp 180 juta. Lama antrean lebih pendek dibanding reguler, yakni lima sampai tujuh tahun. Setoran awal senilai 4.000 dollar AS atau sekitar Rp 56 juta (kurs Rp 14.000 per dolar AS).

Kamu dapat membuka tabungan khusus di bank syariah yang sudah menjadi mitra Kementerian Agama (Kemenag). Tujuannya, agar dana di tabungan tidak ditarik seenaknya untuk keperluan lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.