Pasang Panel Surya di 4 Pabrik, Pan Brothers Kurangi 2,1 Juta Emis Karbon Per Tahun

Kompas.com - 06/12/2021, 13:23 WIB
Ilustrasi panel surya linesolar.comIlustrasi panel surya

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pan Brothers Tbk bekerja sama dengan PT Xurya Daya Indonesia, untuk melakukan instalasi solar panel dengan kapasitas sampai 2,554 kilowattpeak (kWp).

Instalasi pembangkit listrik ramah lingkungan itu dilakukan di 4 pabrik perseroan, yakni 2 pabrik di Boyolali, 1 pabrik di Sragen dan 1 pabrik di Cikande.

Baca juga: Gugatan Pailit Ditolak, Pan Brothers Fokus Restrukturisasi Utang

Vice CEO Pan Brothers & Grup Anne Patricia Sutanto mengatakan, dari instalasi solar panel tersebut diharapkan perseroan dapat mereduksi kurang lebih 63 juta kg karbon emisi (CO2e) per 30 tahun atau 2,1 juta per tahunnya.

"Inisiatif tersebut merupakan salah satu komitmen perseroan dan grup untuk menjadi pioneer dalam mendukung program pemerintah sehubungan dengan sustainability dan program untuk mencapai Net-Zero Emission pada tahun 2060," tutur Anne dalam keterangannya, Senin (6/12/2021).

Anne menambahkan, program ini nantinya akan dilanjutkan dengan instalasi tahap kedua pada kuartal I-2022.

Instalasi tahap kedua itu akan dilakukan pada 5 pabrik lainnya di Tangerang, Sragen, Klego, dan Sambi yang diperkirakan akan memberikan hasil sama seperti tahap pertama.

Baca juga: Gugatan Pailit Pan Brothers Oleh Maybank Indonesia Ditolak

"Saat ini PT Prima Sejati Sejahtera (anak usaha Pan Brothers) telah mengoperasikan solar panel fase satu pada tahap pertama yang berlokasi di Boyolali dengan kapasitas 368 kWp," kata dia.

Sementara itu, VP Marketing Xurya Daya Indonesia George Hadi Santoso berharap, melalui kerja sama ini semakin banyak perusahaan yang melakukan hal serupa, guna mendukung upaya perlindungan terhadap lingkungan.

"Kami berharap lebih banyak perusahaan di Indonesia yang mengikuti jejak Pan Brothers untuk membantu mengurangi pemanasan global dalam membangun masa depan yang lebih baik buat Indonesia," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.