10 Daerah dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 06/12/2021, 20:41 WIB
Esther Jardim yang berasal dari London, Inggris, mencari pekerjaan dengan papan yang terikat di dadanya. DW INDONESIAEsther Jardim yang berasal dari London, Inggris, mencari pekerjaan dengan papan yang terikat di dadanya.
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengangguran adalah sebutan untuk penduduk usia kerja berumur 15 tahun atau lebih yang tidak mempunyai pekerjaan. Kriteria pengangguran tidak termasuk untuk mereka yang berstatus pensiunan, pelajar, dan disabilitas.

Pengangguran biasanya disebabkan karena jumlah lapagan kerja tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja.

Selain itu, penyebab banyaknya pengangguran karena rendahnya tingkat pendidikan sehingga angkatan kerja yang ada tidak bisa mengisi lapangan kerja karena keterampilannya tidak memenuhi kualifikasi.

Di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) mengukur tingkat pengangguran terbuka (TPT) dengan membagi jumlah orang yang menganggur dengan total angkatan kerja. Berdasarkan data BPS, berikut 10 daerah di Indonesia dengan tingkat pengangguran terbanyak:

Ilustrasi depresi saat pandemi. Shutterstock/Boyloso Ilustrasi depresi saat pandemi.

1. DKI Jakarta

Angka TPT di ibukota Indonesia ini per Agustus 2020 justru berada di peringkat pertama daftar ini yaitu sebesar 10,59 persen. Padahal pada Agustus 2019 masih cukup rendah yaitu 6,54 persen.

Pada Agustus 2020 tingkat pengangguran di Jakarta melonjak dua kali lipatnya dari data Februari 2020 yang ada di angka 5,15 persen. Dengan kata lain TPT Jakarta sempat mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, sebelum kemudian melonjak drastis.

Baca juga: Ini Tarif Pajak Penghasilan Badan dan Cara Menghitungnya

2. Banten

Diperingkat kedua ada Banten dengan tingkat pengangguran sebesar 10,64 persen dari total usia kerja wilayahnya. Meningkat dari Februari yang hanya 7,99 persen.

Setiap periode Agustus wilayah ini selalu bertambah tingkat penganggurannya dan kembali turun pada bulan Februari. Pada 2019, TPT Banten periode Februari 7,55 persen meningkat jadi 8,11 persen di Agustusnya.

3. Jawa Barat

TPT Jawa Barat sedikit di bawah Banten yaitu 10,49 persen pada Agustus 2020. Mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Agustus 2019 yang hanya 8,04 persen dan 7,71 persen pada Februari 2020.

4. Kepulauan Riau

Daerah ini memiliki tingkat pengangguran sebesar 10,34 persen pada Agustus 2020. Padahal pada Februari sebelumnyya, TPT Kepulauan Riau hanya 5,98 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.