Mengenal Bank, Asal Mula hingga Jenisnya

Kompas.com - 25/01/2022, 12:12 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Bank adalah salah satu lembaga keuangan. Dalam perekonomian, bank berfungsi untuk memutar uang di masyarakat sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan.

Menurut buku Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya oleh Ardhansyah Putra dan Dwi Saraswati bank memiliki sejarah yang panjang. Asal mula bank mulai dari zaman kerajaan di daratan Eropa.

Kemudian, usaha perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang. Perkembangan perbankan di Asia, Afrika, dan Amerika dibawa oleh bangsa Eropa saat melakukan penjajahan.

Bila ditelusuri, sejarah perbankan dimulai dari jasa penukaran uang. Kemudian kegiatan operasional bank berkembang menjadi tempat penitipan uang, lalu ditambah dengan memberikan pinjaman.

Baca juga: Mengenal Sejarah Mata Uang Indonesia

Saat ini bentuk bank sudah merambah ke dunia digital, kegiatan operasionalnya pun bukan hanya penukaran uang, penitipan uang, dan peminjaman uang tapi juga pengiriman uang, penyimpanan barang dan surat berharga, dan sebagainya.

Di Indonesia, praktik perbankan sudah tersebar hingga ke pelosok desa. Saat ini hampir semua individu memiliki rekening di bank.

Jika melihat sejarahnya, tentu sudah tergambar mengenai apa itu bank. Mari memahami pengertian bank lebih lanjut dengan penjelasan di bawah ini.

Pengertian Bank

Kata bank berasal dari bahasa Italia, yaitu banca yang berarti meja yang dipergunakan oleh para penukar uang di pasar. 

Baca juga: Sebagai Bank Sentral, Apakah BI Wajib Cari Untung?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, bank adalah badan usaha penghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan lalu menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau lainnya guna meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Menurut Pierson, ahli ekonomi dari Belanda, bank adalah badan atau lembaga yang menerima kredit atau simpanan dari masyarakat dalam bentuk giro, deposito berjangka, dan tabungan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.