Cerita CEO Via Rasa Group, dari Tukang Tahu Goreng Hingga Berhasil Membuka Lebih dari 400 Cabang

Kompas.com - 31/10/2022, 14:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jatuh bangun dalam membangun usaha adalah hal biasa yang pasti dirasakan oleh penguasaha. Namun yang menjadi kunci agar tetap memiliki bisnis yang bisa bertumbuh dan berkembang harus dibarengi dengan mental pengusaha yang terus mau mencoba dan berani mengambil risiko.

Hal inilah yang dirasakan oleh Vincent CEO Via Rasa Group salah satu grup F&B yang memiliki 3 unit bisnis waralaba dan belasan brand makanan dan minuman.

Kepada Kompas.com Vincent menceritakan, bukan tanpa kerja keras usahanya kini bisa berdiri kokoh. Namun, jauh sebelumnya, Vincent merasakan berbagai cerita pahit.

Memiliki background keluarga yang menjadi penguasaha adalah awal ketertarikan dirinya untuk membuka usaha.

Baca juga: Cerita UMKM EthmeeQ dan Faber yang Terpilih jadi Official Merchandise KTT G20

Bahkan sejak duduk di bangku SMP dirinya sudah bekerja sebagai Multi Level Marketing (MLM) di salah satu produk kesehatan.

Namun karena merasa tidak cocok dengan sistem kinerjanya, dia pun berahli menjadi online shopper.

“Tapi yah lagi-lagi ngerasa enggak cocok juga padahal zaman dulu itu belum ada e-commerce kayak sekarang masih zaman-zaman jualan di media sosial atau kaskus kemarin,” cerita Vincent saat ditemui Kompas.com belum lama ini.

Kemudian ketika dia berkuliah di salah satu universitas swasta di ibu kota, dia bersama dengan teman-temannya membuka usaha kopi kekinian dengan brand Origin Kopi Indonesia.

Sayangnya, karena cara mengeksekusi usaha tersebut salah, usaha kopinya pun bangkrut.

“Padahal itu timingnya bagus banget. Saat itu tren kopi kekinian lagi naik, terus market bazar itu juga lagi banyak-banyaknya. Setiap ada bazar, kita ada. Tapi yah gitu, timing tepat tapi kalau cara eksekusinya kurang yah jadinya gulung tikar,” jelas Vincent.  

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.