Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Migrasi Bisnis Konsumer, Citi Indonesia Cetak Laba Rp 2,5 Triliun pada 2023

Kompas.com - 03/04/2024, 14:58 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Citibank, N.A., Indonesia atau Citi Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 2,5 triliun sepanjang 2023. Jumlah ini meningkat 82 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan laba bersih ini terutama disebabkan oleh meningkatnya pendapatan bunga bersih di lini bisnis institutional banking dan pendapatan non-operasional lainnya.

Peningkatan laba bersih ini memberikan kontribusi pada peningkatan Return on Asset (ROA) menjadi 3,27 persen pada 2023 dari sebelumnya 2,27 persen di 2022 dan peningkatan Return on Equity (ROE) menjadi 14,14 persen dari 9,01 persen.

Baca juga: Dorong Bisnis Institusi, Citi Indonesia Fasilitasi Investasi Asing Langsung ke RI

Ilustrasi bank.SHUTTERSTOCK/CREATIVE LAB Ilustrasi bank.

Sementara, Rasio Liquidity Coverage (LCR) tercatat senilai 267 eprsen dan Rasio Net Stable Funding (NSFR) Citi Indonesia ada di level 126 persen, atau di atas ketentuan minimum.

Di sisi lain, Citi Indonesia menunjukkan Rasio Kewajiban Penyediaan Modal (KPMM) sebesar 37,85 persen pada 2023, atau meningkat 27,51 persen dibandingkan 2022.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengungkapkan, penjualan bisnis consumer banking Citi di Indonesia pada 2023 yang merupakan bagian dari upaya pembaruan strategi Citigroup memungkinkan kami untuk lebih fokus menjadi mitra perbankan bagi lembaga-lembaga dengan kebutuhan lintas negara.

"Komitmen kami untuk menjalankan manajemen keuangan yang strategis, efisiensi operasional, dan solusi yang berfokus pada nasabah, telah membantu kami untuk terus memberikan kinerja yang baik di 2023. Indonesia tetap menjadi pasar yang penting bagi Citi," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: Cerita Puni Ayu, Menapak Direktur Citi Indonesia lewat Komunikasi Korporasi

Ia mengatakan, pihaknya akan terus memanfaatkan jaringan global untuk mendukung perkembangan sektor keuangan di Tanah Air.

Pascapenjualan bisnis consumer banking di Indonesia, Citi terus mengembangkan bisnis melalui perbankan institusional yang meliputi lini bisnis perbankan korporat, perbankan komersial, markets, treasury and trade solutions dan layanan sekuritas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com