Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Keuangan yang Tak Boleh Dilakukan Tahun Ini, Apa Saja?

Kompas.com - 05/02/2024, 14:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber live mint

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun adalah peluang bagus untuk mengevaluasi kondisi keuangan dan merumuskan cara mencapai tujuan keuangan.

Dengan mendedikasikan waktu untuk merenungkan pendapatan, pengeluaran, dan tujuan keuangan, Anda dapat meletakkan dasar bagi stabilitas dan kesuksesan finansial.

Dikutip dari Live Mint, Senin (5/4/2023), melakukan tinjauan keuangan menyeluruh merupakan upaya penting bagi individu dan keluarga yang ingin mengevaluasi status keuangan mereka saat ini dan menyusun strategi untuk masa depan. Proses ini memerlukan pemeriksaan cermat terhadap berbagai aspek keuangan Anda.

Baca juga: 3 Mitos Investasi yang Tidak Perlu Dipercaya, Ganggu Tujuan Keuangan

Ilustrasi anak muda mengatur keuangan, gen Z menabung dana darurat. SHUTTERSTOCK/PRATHANKARNPAP Ilustrasi anak muda mengatur keuangan, gen Z menabung dana darurat.

Selain itu, merefleksikan perjalanan finansial memberikan kesempatan untuk mendapatkan wawasan dari kesalahan masa lalu, membuat keputusan yang tepat, dan meletakkan dasar untuk masa depan yang lebih aman secara finansial.

Berikut beberapa kesalahan keuangan yang tidak boleh dilakukan tahun ini agar Anda dapat mencapai tujuan keuangan yang dicita-citakan.

1. Tidak memiliki tujuan investasi yang jelas

Melakukan investasi tanpa tujuan tertentu sama saja dengan melakukan perjalanan tanpa tujuan. Meskipun Anda mungkin mendapat peluang yang menarik, mustahil untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan secara efisien.

Sebaliknya, memiliki tujuan investasi yang jelas akan membantu dalam menetapkan cakrawala investasi yang tepat. Berbagai tujuan datang dengan jangka waktu yang berbeda.

Baca juga: Bantu Raih Tujuan Keuangan, Ini 5 Manfaat Manajemen Keuangan Pribadi untuk Milenial dan Gen Z

Misalnya, menabung untuk masa pensiun memerlukan jangka waktu investasi yang lebih luas dibandingkan dengan mendapatkan uang muka rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com