Catat, 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 07/02/2020, 12:47 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. SHUTTERSTOCKIlustrasi wawancara kerja.

NEW YORK, KOMPAS.com - Bagi Anda yang baru lulus kuliah, tentu langkah selanjutnya adalah melamar kerja. Jika Anda merupakan kandidat yang dicari perusahaan, Anda akan dipanggil untuk wawancara kerja.

Persiapan harus dilakukan menjelang wawancara kerja, agar Anda memperoleh pekerjaan impian.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang kerap diajukan.

Baca juga: Agar Sukses Wawancara Kerja, Coba Metode STAR

Dilansir dari Popsugar, Jumat (7/2/2020), berikut ini beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat wawancara kerja.

1. Fokus pada diri sendiri

Saat wawancara kerja, pihak perusahaan kerap mengajukan pertanyaan yang mengarahkan jawaban tentang diri Anda. Namun, ketika menjawab, pastikan Anda tak berbicara soal apa yang Anda inginkan.

Sebaliknya, jawablah dengan pernyataan bagaimana Anda ingin membantu perusahaan tumbuh. Jikalau Anda ingin berbicara tentang apa yang Anda inginkan, pastikan keinginan itu sejalan dengan kesuksesan perusahaan.

2. Tidak memikirkan jawaban

Banyak kandidat langsung menjawab pertanyaan sesuai dengan hal pertama yang mereka pikirkan, lantaran merasa harus menjawab saat itu juga. Kerap kali jawaban yang dilontarkan tidak tepat atau tidak rasional.

Oleh sebab itu, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan jawaban yang akan Anda lontarkan. Tidak apa-apa diam sejenak di sela-sela pembicaraan, sebab pihak perusahaan juga pasti akan menghargai jawaban Anda.

Baca juga: 5 Tips agar Wawancara Kerja Kamu Berjalan Lancar

3. Tidak menjawab secara sistematis

Kerap kali kandidat menjawab pertanyaan berputar-putar saat wawancara kerja alias tidak sistematis. Akhirnya, pihak perusahaan tak memahami jawaban dan memutuskan untuk tidak merekrut sang kandidat.

Untuk menghindari risiko ini, jawablah pertanyaan secara sistematis. Cara mudahnya adalah menjawab dengan poin-poin, sehingga Anda bisa menjelaskan setiap poinnya secara lebih rinci.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X