KILAS

Studi CSIS: Grab Tingkatkan Kualitas Hidup dan Inklusi Keuangan Mitra

Kompas.com - 25/06/2020, 16:29 WIB
Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Grab perkuat komitmennya untuk menjembatani kesenjangan keterampilan teknologi melalui pelatihan literasi digital kepada mitra pengemudi Grab Indonesia di 234 kota. Grab IndonesiaMenyambut Hari Pendidikan Nasional, Grab perkuat komitmennya untuk menjembatani kesenjangan keterampilan teknologi melalui pelatihan literasi digital kepada mitra pengemudi Grab Indonesia di 234 kota.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitra Grab di seluruh layanan secara umum menunjukkan adanya peningkatan kualitas hidup sebesar 13 persen setelah bergabung dengan peruasahaan penyedia jasa on demand ini.

Data tersebut didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics terhadap 5.008 mitra GrabBike, GrabCar, GrabFood, dan GrabKios di 12 kota pada September 2019 – Januari 2020.

Adapun beberapa aspek atau dimensi kesejahteraan yang diukur, yakni sosial, psikologis, ekonomi, lingkungan, spiritual, dan fisik.

Baca juga: CSIS: Kontribusi Grab ke Ekonomi Nasional Rp 77 Triliun

Lebih spesifik, mitra pengemudi GrabBike melaporkan peningkatan paling tinggi pada kualitas hidupnya sebesar 21 persen, pada skala 7,6 dari 10. Sedangkan, mitra merchant GrabFood melaporkan nilai kualitas hidup paling tinggi setelah bergabung dengan Grab yakni 8,0.

Uniknya, kesejahteraan sosial menjadi dimensi yang meningkat paling signifikan, berbanding terbalik dengan persepsi umum bahwa gig worker merupakan pekerja yang tidak sejahtera.

Baca juga: Lewat Konsep Gig Economy, Grab Dukung Peningkatan Taraf Kehidupan Masyarakat Indonesia

Mitra Grab yang disurvei juga mengatakan bahwa mereka menghargai dan merasa senang dengan adanya komunitas antarmitra Grab yang saling mendukung satu sama lain di saat membutuhkan.

Inklusi keuangan

Terkait inklusi keuangan, survei CSIS ini juga menunjukkan bahwa dengan menjadi bagian dari ekosistem Grab mampu meningkatkan akses mitra terhadap layanan jasa keuangan.

Sebesar 18 persen dari mitra pengemudi GrabBike dan 12 persen dari mitra pengemudi GrabCar membuka rekening tabungan pertama mereka ketika bergabung dengan Grab.

Lebih penting lagi, kesempatan pemasukan yang ditawarkan Grab telah memungkinkan lebih banyak mitra untuk menabung secara rutin.

Sebanyak 75 persen mitra pengemudi GrabBike dan 69 persen mitra pengemudi GrabCar sekarang rutin menabung di bank dengan rata-rata tabungan masing-masing Rp 890.000 hingga Rp 1,4 juta.

Baca juga: Dorong Transformasi UMKM ke Digital, Grab Luncurkan GrabMerchant

Halaman:
Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X