Alami Krisis Likuiditas, Evergrande Sampai Utang ke Karyawan

Kompas.com - 21/09/2021, 19:06 WIB
Puluhan investor beserta kontraktor nampak mendatangi kantor China Evergrande Group pada Selasa (14/09/2021) waktu setempat AFPPuluhan investor beserta kontraktor nampak mendatangi kantor China Evergrande Group pada Selasa (14/09/2021) waktu setempat
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberitaan mengenai krisis yang dialami oleh perusahaan properti raksasa asal China, Evergrande, menjadi perhatian banyak pihak.

Pasalnya, krisis keuangan Evergrande dikhawatirkan bisa merembet dan berdampak pada perekonomian global.

Saat ini, total utang Evergrande mencapai 300 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.260 triliun (kurs Rp 14.200).

Utang Evergrande tersebut yang harus dibayarkan kepada pemilik rumah dan apartemen yang belum rampung dibangun hingga investor bahkan karyawan yang membeli produk wealth management perusahaan.

Dilansir dari The New York Times, Selasa (21/9/2021), di awal tahun ini, ketika Evergrande Group membutuhkan dana untuk membayar utang, mereka pun mengajukan dua pilihan sulit kepada karyawan, yakni bagi siapa saja yang ingin bonus tahunannya cair, harus memberikan pinjaman jangka pendek kepada perusahaan.

Baca juga: Krisis Evergrande di China Bisa Pengaruhi Ekonomi Global?

Akibat ancaman untuk memberikan utang atau tak mendapatkan bonus, karyawan Evergrande pun harus meminjam dana kepada rekan atau keluarga mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga akhirnya bulan ini, Evergrande tiba-tiba tak membayarkan kewajiban utang yang mereka pinjam kepada karyawan, yang telah dibentuk menjadi investasi dengan bunga tinggi.

Kini, ratusan karyawan Evergrande bersama dengan pembeli rumah meminta uang mereka kembali dan melakukan aksi unjuk rasa di kantor cabang perusahaan di China.

Evergrande sebelumnya merupakan salah satu pengembang properti terbesar di China. Saat ini, Evergrande Group memiliki julukan sebagai perusahaan dengan utang terbesar di negara itu.

Tak hanya kepada kreditur, Evergrande juga memiliki kewajiban utang yang harus dibayarkan kepada pemasok serta investor asing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.