Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pastikan Stok Elpiji Aman hingga 15 Hari Mendatang

Kompas.com - 09/04/2024, 18:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga terus memantau kebutuhan elpiji 3 kg hingga masa libur Lebaran selesai.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, Pertamina memastikan stok elpiji 3 kg aman berada di level 14-15 hari, serta telah menyiagakan 5.027 agen elpiji.

Selain itu, Pertamina juga menambah pasokan elpiji 3 kilogram (kg) sebanyak 22.087 metrik ton atau setara dengan 7,36 juta tabung.

Tambahan pasokan elpiji ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat seiring libur Lebaran atau Idul Fitri 1445 H.

"Penambahan alokasi elpiji 3 kg diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada RAFI (Ramadhan & Idul Fitri) 2024," ujar Irto dalam keterangannya, Senin (8/4/2024).

Baca juga: Lebaran 2024, Pertamina Tambah 7,36 Juta Tabung Elpiji 3 Kg

Ia menuturkan, kuota elpiji ditetapkan sebanyak 430.867 MT di sepanjang 19 Maret hingga 7 April 2024. Sedangkan realisasinya, Pertamina memasok 452.954 MT atau lebih banyak 5,1 persen dari kuota pada periode tersebut.

Dengan demikian, sudah dilakukan penambahan 22.087 MT untuk mengantisipasi kebutuhan saat libur Lebaran mendatang.

"Penambahan juga dilakukan dengan hati-hati agar bisa tepat sasaran," kata dia.

Baca juga: Antrean Panjang di Pelabuhan Merak, Pertamina Imbau Isi BBM di Rest Area Km 43A dan Km 68A

Pertamina mengimbau masyarakat untuk membeli elpiji 3 kg di pangkalan resmi agar bisa mendapatkan sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan.

"Pertamina terus memonitor kebutuhan elpiji 3 kg hingga akhir Lebaran dan kita lakukan penambahan ke daerah yang memang membutuhkan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com