Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Prediksi Puncak Arus Balik Penumpang KA Terjadi pada 13-14 April 2024

Kompas.com - 11/04/2024, 20:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui KAI Daop 1 Jakarta memproyeksi puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada Sabtu (13/4/2024), Minggu (14/4/2024), dan Senin (15/4/2024).

Pada puncak arus balik itu diperkirakan ada sekitar 44.000 penumpang setiap harinya yang balik ke Jakarta menggunakan transportasi kereta api.

Para pemudik akan balik ke Jakarta dengan tiba di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Baca juga: Vietnam Siapkan Rencana Jalur Kereta Cepat Menuju China

“Untuk pantauan arus balik akan terjadi pada tanggal 13, 14 dan 15 April 2024. Pada tanggal-tanggal tersebut terdapat sebanyak 44.000 lebih penumpang per harinya yang menuju Jakarta,” ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Kamis (11/4/2024).

Ia menuturkan, untuk puncak arus mudik terjadi pada Senin (8/4/2024) dengan mencapai 47.852 penumpang yang meninggalkan Jakarta. Saat ini, pergerakan penumpang yang meninggalkan Jakarta berangsur menurun.

KAI Daop 1 Jakarta mencatat pada Kamis hari ini pukul 08.00 WIB, ada sebanyak 41.707 penumpang yang akan dan telah meninggalkan Jakarta menggunakan transportasi kereta api jarak jauh.

Baca juga: Simak Cara Ubah Jadwal Tiket Kereta Api secara Online

Penumpang tersebut terdiri dari penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 17.247 orang dan berangkat dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 24.460 penumpang. Adapun jumlah kereta yang beroperasi pada hari ini sebanyak 75 KA.

“Sebaran kota favorit yg menjadi tujuan antara lain Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, Semarang, Purwokerto,” kata Ixfan.

Dia menambahkan, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna maka kereta yang dioperasikan pada periode libur Lebaran pun turut meningkat.

Baca juga: Simak 10 Kereta Api Favorit Masyarakat untuk Mudik Lebaran 2024

Dengan semakin banyaknya kereta jarak jauh yang beroperasi, KAI mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya yang hendak bepergian untuk berhati-hati saat akan melintas di perlintasan sebidang, baik yang terjaga maupun tidak terjaga.

“Selalu disiplin dalam berlalu lintas, patuhi rambu-rambu yang telah terpasang sebelum perlintasan KA. Tengok kanan dan kiri sebelum melintas, pastikan tidak ada KA yang akan lewat,” tutupnya.

Baca juga: Mulai April 2024, Whoosh Punya Kereta Makan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com