[KURASI KOMAPSIANA] Ketika Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami

Kompas.com - 24/05/2021, 19:19 WIB

KOMPASIANA---Ketika kini lapangan pekerjaan sudah tidak lagi begitu membatasi masalah gender, itu artinya setiap perempuan dan laki-laki punya kesempatan yang smaa pada posisi yang diinginkan.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin jika sudah berkeluarga justru penghasilan istri ternyata bisa lebih besar dari suami.

Namun, secara sadar atau tidak, berawal dari itu pula kerap terjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga.

Kesuksesan istri semestinya bisa tidak menjadi masalah dalam perkawinan selama komunikasi dapat terjalin dengan baik. Kemudian, pihak lelaki juga semestinya bisa menempatakan diri supaya tidak berlebihan meresponnya.

1. Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami? Bersyukurlah

Ketika pasutri sudah memutuskan bahwa istri perlu bekerja untuk meringankan beban suami, menurut Kompasianer Siska Dewi, sebenarnya mereka percaya melakukannya dengan harapan bahwa keadaan akan menjadi lebih baik.

Akan tetapi jika sudah bersepekat atas hal tadi, tapi pada kenyataannya penghasilan istri lebih besar daripada suami, maka kerap terjadi tekanan psikis pada pihak suami.

Ketika salah satu dari pasutri mengkontribusikan proporsi yang jauh lebih besar dari pendapatan bersama, terciptalah ketidakseimbangan hubungan," tulis Kompasianer Siska Dewi.

Jika ketidakseimbangan hubungan membuat relasi pasutri memburuk secara signifikan, lanjutnya, kemungkinan perceraian atau perpisahan dapat terjadi.

Nah, untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan dalam rumah tangga, misalnya, pihak suami bisa mempertimbangkan semua keinginan isrtinya walau dalam mengambil keputusan terkait rumah tangga tetap dipegang suami. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.