Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GOTO Catat Rugi Rp 90 Triliun pada 2023, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 19/03/2024, 19:13 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) catatkan rugi bersih sepanjang 2023 sebesar 90,3 triliun atau meningkat 128 persen, dari tahun sebelumnya sebesar Rp 39,5 triliun.

Direktur Keuangan GOTO Jacky Lo mengatakan, hal ini dipicu oleh pencatatan pembalikan nilai goodwill (goodwill reversal) yang merupakan dampak dari transaksi Tokopedia dan TikTok yang mengakibatkan hilangnya pengendalian GoTo terhadap Tokopedia dimulai 1 Februari 2024.

“GOTO mencatatkan rugi bersih Rp 90,5 triliun untuk keseluruhan tahun 2023. Hal ini dipicu oleh pencatatan pembalikan nilai goodwill (goodwill reversal) senilai Rp 78,8 triliun sebagaimana diwajibkan oleh standar akuntansi keuangan yang berlaku,” kata Jacky Lo dalam keterangan resmi, Selasa (19/3/2024).

Baca juga: 5 Saham Paling Boncos Minggu Ini, Ada TINS hingga GOTO

Ilustrasi saham, pasar saham, pergerakan saham.SHUTTERSTOCK/JIRAPONG MANUSTRONG Ilustrasi saham, pasar saham, pergerakan saham.

Lo mengatakan, rugi yang diakibatkan pembalikan nilai goodwill tersebut bersifat tidak berulang (non-recurring), nonkas, dan tidak berdampak kepada EBITDA yang disesuaikan maupun arus kas Perseroan.

Adapun efisiensi operasional membuat rugi operasional untuk tahun buku 2023 berkurang sebesar 66 persen, atau senilai Rp 10,3 triliun, dari Rp 30,3 triliun pada tahun sebelumnya.

Sedangkan rugi operasional pada kuartal IV-2023 adalah Rp 1,5 triliun, membaik hingga 80 persen dari periode yang sama tahun 2022.

Namun demikian, GOTO mencatatkan pertumbuhan pendapatan bruto pada kuartal IV-2023 sebesar 3 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, melalui perluasan jangkauan pasar dan meningkatkan bisnis pinjaman konsumen.

Baca juga: Lima Saham Paling Cuan Sepekan, Ada TINS hingga GOTO

Take rate Grup secara keseluruhan stabil secara kuartalan di angka 4 persen pada kuartal IV - 2023. Take rate Grup untuk tahun buku 2023 meningkat 26 basis poin dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 4 persen.

Pendapatan bersih di kuartal keempat 2023 tercatat sebesar Rp 4,3 triliun, atau meningkat 18 persen dibandingkan kuartal sebelumnya dan 26 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com