Ombudsman: Pergantian Komisaris BUMN oleh Erick Thohir Ada yang Tabrak Aturan

Kompas.com - 04/08/2020, 16:05 WIB
Anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih Ombudsman RIAnggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih

JAKARTA, KOMPAS.com - Ombudsman RI menyatakan, ada beberapa komisaris yang diangkat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diketahui masih merangkap jabatan.

Anggota Ombudsman RI Alamsyah Saragih mengatakan, ada beberapa proses pengangkatan komisaris BUMN yanng dilakukan Erick Thohir melanggar aturan yang berlaku.

“Di 2020 ini ada beberapa pergantian (komisaris BUMN) oleh Pak Menteri Erick. Tapi catatan kami, pergantian-pergantian itu tetap menabrak aturan,” ujar Alamsyah dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/8/2020).

Baca juga: Menteri PPN: Silakan Bertamasya, tetapi Jangan Lupa Protokol Kesehatan

Kendati begitu, Alamsyah tak mau mengungkapkan siapa komisaris yang pengangkatannya diduga melanggar aturan yang berlaku.

“Saya merasa belum waktunya menyebut nama-nama, tapi nanti kami setelah bertemu dengan kementerian BUMN, kami berharap ada serangkaian perbaikan korektif" kata Alamsyah.

"Tetapi apabila tidak, maka Ombudsman akan mengeksplorasi nama-nama yang menurut kami cacat prosedur atau bertentangan dengan hukum,” sambungnya.

Alamsyah menjelaskan, dalam waktu dekat ini Ombudsman RI akan memberikan saran tertulis ke Presiden Joko Widodo terkait masih adanya komisaris di BUMN yang rangkap jabatan dan pengangkatannya terindikasi melanggar aturan.

Baca juga: Curhat Menperin Dituduh sebagai Pembunuh Massal...

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X